Tuesday, September 25Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Sering Sakit Kepala Saat Berpuasa, Lakukan Cara Mencegahan Ini!

Sering Sakit Kepala Saat Berpuasa, Lakukan Cara Mencegahan Ini!

Penurunan kondisi tubuh sering kali memunculkan gangguan kecil, seperti sakit kepala. Anda tentu akan segera konsumsi obat biasanya, namun tidak bisa dilakukan saat berpuasa. Tidak bisa konsumsi makanan dan minuman tentu akan membuat kondisi sakit kepala semakin menjadi, apalagi jika masih di jam kantor sehingga tidak bisa istirahat penuh.

Kebanyakan memang yang mengalami gangguan sakit kepala adalah wanita, karena banyak melakukan kegiatan dan intensitas pergerakan lebih banyak. Di bulan puasa jumlah wanita yang mengalami sakit kepala semakin banyak, hal ini karena tidak mendapatkan jam tidur yang cukup, salah posisi tidur hingga ada hal yang membuat pusing seketika.

Sebelum ini semua terjadi, ternyata ada langkah pencegahan untuk menghindari sakit kepala di siang hari saat puasa. Pertama, pastikan mendapatkan waktu tidur yang cukup. Orang dewasa normalnya membutuhkan waktu tidur 6 hingga 7 jam setiap harinya, karena terjadi perubahan waktu tidur saat bulan puasa. Maka harus pintar mensiasatinya dengan baik, jangan sampai mengalami gangguan sakit kepala setiap harinya.

Ada baiknya jika Anda segera tidur setelah melaksanakan salat taraweh di malam hari, biasanya salat malam yang hanya dilakukan pada bulan Ramadan tersebut berlangsung hingga pukul 9 malam. Segera tidur karena nantinya akan bangun untuk sahur pada pukul 3 pagi, apalagi jika harus menyiapkan makanan untuk santap sahur.

Baca juga: Manfaat Tidur Siang Saat Berpuasa Di Bulan Ramadan

Jika ini sudah dilakukan namun tetap mengalami sakit kepala, ada baiknya setelah sahur dan salat subuh jangan tidur lagi. Tidur dalam waktu singkat, apalagi kurang dari 1 jam dalam kondisi perut kenyang akan menimbulkan goncangan pada sistem saraf, inilah yang memicu terjadinya pusing di pagi hari.

Kenapa tidak memanfaatkan waktu kosong setelah salat subuh, lakukan kegiatan seperti membersihkan rumah atau ruangan lainnya, menjelang lebaran tentu akan kedatangan banyak tamu nantinya. Selain itu, bisa melihat pekerjaan kantor, karena jam kantor menjadi lebih sempit di bulan puasa. Jam masuk lebih lambat namun jam pulang di percepat.

Selain itu, jika memang sudah sakit kepala, sebaiknya istirahat berupa tidur di jam istirahat siang. Minimal 30 menit hingga satu jam, akan memberikan waktu berhenti total. Memang tidak akan menghilangkan pusing secara menyeluruh, namun kondisi tubuh menjadi lebih baik dan tidak terasa lemas lagi.

Agar mendukung puasa tahun ini menjadi lebih lancar dan berkah, persiapkan menu makanan bergizi, apalagi untuk sahur. Jangan asal kenyang, pasalnya tubuh tidak konsumsi makanan dan minuman lebih dari 12 jam salaam 30 hari berturut-turut, ini bisa menyebabkan dehidrasi dan sakit kurang gizi jika tanpa asupan makanan yang tepat dan sehat.

Related Post

Masker Air Beras Terbukti Bisa Membuat Rambut Leba... Masker air beras kini banyak digunakan untuk perawatan rambut secara alami, dimana bukan hanya menyehatkan, namun membuat rambut menjadi lebih lembut ...
Waspada! Sosial Media Holic Bisa Berakibat Ganggua... Hampir semua orang memiliki akun media sosial, ini memang bagus untuk mendapatkan informasi lebih cepat, komunikasi menjadi lebih mudah dan tidak ad...
Sudah Tidak Mempan Hilangkan Komedo Dengan Putih T... Komedo menjadi masalah utama setiap orang, apalagi jika di pagi hari menghadapi banyak komedo di sekitar hidung dan bawah bibir. Ini tentu akan meru...
Susah Buang Air Besar Saat Liburan? Ini Alasannya! Anda pasti mengalami kesulitan untuk buang air besar di tempat baru, apalagi saat liburan. Ini bukan hanya karena kemampuan beradaptasi atau terlalu...

One Comment

Comments are closed.