Monday, July 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Sering Minum Teh Bikin Gigi Kuning? Ini Penjelasan Dari Ahli

Sering mendengar bahwa minum teh bisa menyebabkan gigi berwarna kuning? Teh serta kopi memang dipercaya memiliki beberapa efek untuk tubuh dan kesehatan. Baik itu efek positif maupun negatif. Efek positif dari konsumsi teh ini mulai dari menyegarkan tubuh, mengatasi ngantuk karena terdapat kandungan cafeine, hingga menyembuhkan beberapa penyakit. Terutama penyakit yang diakibatkan oleh virus serta bakteri yang menyerang daya tahan tubuh. Katakan saja seperti virus influenza.

Baca juga: Serba-Serbi Masuk Angin Dan Cara Mengobatinya

Namun selain itu juga ada beberapa efek negatif dari meminum seduhan teh. Salah satunya itu tadi, warna gigi menjadi kotor, bernoda atau pun kuning. Gigi kuning karena teh ini pun bukan hanya sekedar sugesti yang digunakan untuk menakut-nakuti penggunanya saja loh. Ada penjelasan ilmiah tersendiri dari ahli mengenai efek buruk dari minum teh pada kesehatan gigi.

Ini Penjelasan Dari Ahli Tentang Sering Minum Teh Bikin Gigi Kuning

Disadur dari keterangan ahli gigi White Glo dan Jordan Kirk dari The Independent, teh memiliki beberapa kandungan yang bisa menyebabkan masalah pada gigi. Beberapa mineral yang terdapat pada teh akan menyebabkan masalah pada gigi.

Hal ini terjadi karena gigi memiliki pori-pori yang cukup besar. Dari pori-pori ini, mineral dan kandungan tannin dari dalam teh bisa masuk. Tannin ini menjadi salah satu penyebab noda dan warna gigi memudar. Selain itu juga, teh memiliki kandungan senyawa theaflavin, thearubigins dan theabrownins yang sudah diketahui mampu mengubah warna putih alami pada gigi. Theaflavins dan thearubigins sebenarnya merupakan senyawa turunan dari tannin. Dimana juga terdapat pada biji kopi namun dengan jumlah yang lebih kecil. Inilah mengapa peminum teh lebih cepat mengalami masalah gigi dari pada mereka yang terbiasa meminum kopi.

Meski minum teh dianggap mampu membuat warna gigi menjadi kuning, namun tidak semua jenis teh memiliki kandungan senyawa Theaflavins dan thearubigins yang tinggi. Diungkap oleh Victor R Preedy dalam bukunya ‘Teh dalam Kesehatan dan Pencegahan Penyakit’, teh hijau memiliki kandungan senyawa tannin yang lebih tinggi dari pada jenis teh lain. Sedangkan teh merah serta hitam memiliki kandungan tannin paling sedikit.