Sunday, December 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Serba-Serbi Masuk Angin Dan Cara Mengobatinya

Masuk Angin

Memasuki akhir tahun, Indonesia berarti menjalani nusim hujan berkepanjangan juga. Hujan biasanya membuat banyak di antara kita menjadi mudah terserang penyakit. Bervariasi sakitnya mulai dari batuk, flu, pilek hingga yang paling umum, masuk angin. Kendati masuk angin termasuk kategori sakit ringan, kamu tak boleh lho membiarkan penyakit ini berlanjut, karena asal kamu tahu, sudah ada banyak kasus masuk angin yang berujung kematian. Oleh karena itu, segera obati jika kamu masuk angin.

Penyebab Masuk Angin

Begadang, kurang tidur, kurang istirahat, lembur kerja kantor, udara dingin hingga kehujanan, ditambah pola makan yang tidak teratur akan menyebabkan kamu mudah sekali masuk angin. Penyakit masuk angin ini teramat sering datang saat musim penghujan seperti saat ini. Tentunya cara yang sering dilakukan masyarakat untuk menghilangkan masuk angin adalah dengan kerokan.

Gejala Masuk Angin

Tahukah kamu, kalau dalam dunia medis tidak mengenal istilah masuk angin. Namun gejala masuk angin dapat diketahui melalui perubahan pada tubuh seperti meriang, kedinginan, badan terasa kurang enak, nyeri otot, sakit kepala, hingga kehilangan nafsu makan dan merasa letih.

Sebagai tambahan, gejala lain yang sering dialami juga meliputi perut kembung, sering bersendawa, sering buang angin berbau, badan pegal-pegal hingga sakit perut dan demam. Jika sudah seperti itu, segara cari pengobatan tanpa perlu menunggu bantuan orang lain.

Cara Pengobatan

Sembuh tidak harus selamanya lewat mengkonsumsi obat-obatan medis. Banyak tersedia obat alami yang ampuh, beberapa di antaranya termasuk metode berikut:

1. Kumur-Kumur

   

Tahukah kamu kalau di negara Jepang, ternyata para orang tua mengharuskan anak-anak mereka untuk selalu berkumur-kumur setelah pulang dari sekolah ataupun aktivitas bermain. Setelah melalui serangkaian penelitian, berkumur memberikan efek untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada dalam mulut, kerongkongan, dan sekitarnya.
Untuk itu, lakukanlah secara rutin berkumur menggunakan air hangat dicampur satu sendok teh garam dan sedikit baking soda. Disarankan juga berkumur di area kerongkongan.

2. Minum Teh Peppermint, Jahe, Teh Lemon, Madu Hingga Sup Hangat

Peppermint berfungsi sebagai anti virus, ekspektoran dan dekongestan yang dapat meredakan batuk dan mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan. Selain itu, aneka minuman hangat di atas dapat membantu pembuluh darahmu melebar sehingga mampu melancarkan peredaran darah dan membantu menghilangkan asam laktat dalam tubuh kamu.

3. Konsumsi Vitamin C

Berfungsi sebagai antioksidan dan dapat mengganti sel-sel tubuh yang rusak akibat sakit. Sumber vitamin C alami dapat kamu dapatkan melalui konsumsi jeruk, lemon, jambu biji, buah kiwi, dan lain sebagainya.

4. Minyak kayu putih

Aroma terapis yang cukup menyejukan sangat sesuai untuk melegakan hidung yang tersumbat. Sensasi hangat yang dihasilkan juga efektif untuk mengatasi perut kembung akibat masuk angin.

5. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah biasanya lebih cocok untuk anak-anak. Dipakai dengan cara dihaluskan terlebih dahulu dan kemudian dioleskan merata ke bagian perut, area dada hingga leher.
Untuk yang sudah dewasa, disarankan gosok dengan minyak bawang putih atau bisa dapat makan mentah hingga dicampur dengan masakan. Bawang putih mengandung zat bernama alicin yang dapat berguna sebagai anti bakteri dan jamur.