Sunday, September 27Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Seram! Kapal RI Tanpa Awak Muncul di Myanmar

Seram! Kapal RI Tanpa Awak Muncul di Myanmar

Ada kejadian misterius dari salah satu atau mungkin dua negara yang kemarin sedang berpartisipasi dalam Asian Games 2018 Jakarta Palembang yaitu Indonesia dan Myanmar. Tepatnya pada tanggal 30 agustus 2018 di hari kamis ada sebuah kapal kontainer yang berbendera Indonesia yang kandas di pantai kota Thongwa, Myanmar menurut laporan dari kepolisian setempat.

Berdasarkan laporan awal kapal kontainer berbendera Indonesia tersebut awalnya terlihat pada hari selasa tangga 28 agustus dan warga yang melihat lalu melaporkannya ke pihak yang berwenang dan yang lebih menyeramkan lagi ternyata kapal tersebut tidak berawak atau tidak ditemukan siapa pun saat kapal tersebut ditemukan.

Menurut laporan awal pihak yang berwenang di Myanmar, saat ditemukan memang tidakk ada satu pun orang di kapal tersebut. Mereka pun merasa aneh bagaiman kapal sebesar ini tidak memiliki orang dan kargo di dalamnya. Oleh sebab itu pihak yang berwenang langsung mengawasi kapal kontainer misterius dan ini dan berkoordinasi dengan Indonesia terkait peristiwa ini.

Kapal Kontainer yang diketahui bernama Sam Ratulangi 1600 ini lebih tepatnya pertama kali ditemukan 7 mil atau 11 km dari pantai desa thama seitta. Saat diperiksa oleh penjaga pantai, angkatan laut dan polisi tidak ditemukan jejak sama sekali adanya awak di kapal ini. Namun setelah di cek dan ricek lebih rinci degan pihak berwenang di Indonesia, kapal tersebut sebenarnya adalah kapal yang sempat ditarik oleh kapal lain yang juga milik Indonesia.

Jadi awalnya pada tanggal 13 agustus ada dua kapal yang brlayar menuju banglasdesh yaitu kapal dengan nama Independenca dan Sam Ratulangi 1600. Dimana kapa indepence digunakan sebagai penarik kapal sam ratulangi yang rencananya akan menuju pabrik pembongkaran kapal di bangladesh. Namun karena cuaca buruk lalu kabel yang menghubungkan dua kapal ini terputus di sekitar selatan sungai Yangon. Lalu kapal sam ratulangi terombang-ambing mengikuti arah arus sampai akhirnya sampai e myanmar. Hal ini juga dierkuat oleh pengakuan 13 awak kapal independence yang ditanyai terkait hal ini juga ditemukannya dua kabel putus di haluan kapal sam ratulangi yang digunakan untk menarik kapal.