Tuesday, December 10Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Seperti Apa Kemampuan Dari Qualcomm Snapdragon 215

Seperti Apa Kemampuan Dari Qualcomm Snapdragon 215

Untuk bisa menjawab permintaan dari pabrikan smartphone terkait dengan SoC entry-level. Qualcomm baru saja merilis Snapdragon 215 yang dikhususkan untuk kelas entry level. Ya! Ini adalah chipset yang mengalami banyak peningkatan jika dibandingkan dengan Snapdragon 212.

Qualcomm, pabrikan chipset ternama asal Amerika Serikat baru saja memperkenalkan SoC terbarunya, Snapdragon 215. Chipset ini sengaja dihadirkan untuk memenuhi permintaan dari pabrikan smartphone yang ingin memproduksi smartphone entry-level.

Dikatakan, Snapdragon 215 merupakan peningkatan dari Snapdragon 212dengan CPU 64-bit, GPU yang lebih cepat dan dukungan untuk dua kamera. Namun, SoC ini dikembangkan oleh Qualcomm di atas simpul fabrikasi lawas, yakni 28 nanometer.

CPU di dalam chipset ini memiliki empat core Cortex-A53 dengan clock speed 1,3 GHz, yang diklaim ARM lebih cepat 50% dari empat core A7 di dalam chipset lamanya. Menjadi 64-bit adalah peningkatan yang lebih besar, karena harus meningkatkan kompabilitas besar-besaran dengan versi Android yang baru.

Selain itu, GPU yang terpasang, yakni Adreno 308 diklaim mampu memberikan peningkatan 28%. Ya! Ini adalah GPU yang sama yang dimiliki oleh Snapdragon 425. ISP ganda (yang pertama untuk seri 200) secara signifikan meningkatkan dukungan kamera.

Snapdragon 215 dapat menangani satu kamera 13 MP atau dua modul 8 MP, sehingga smartphone dapat memiliki lensa telefoto atau sensor kedalaman. Peningkatan lainnya adalah berkaitan dengan perekaman video 1.080p. Sebagai perbandingan, SD212 hanya diunggulkan pada kamera tunggal 8 MP dan 720p.

Bagaimana dengan dukungan resolusi untuk sektor layar? Qualcomm mengatakan bahwa resolusi tampilan maksimum yang didukung masih di kelas 720p. Meskipun begitu, sekarang pabrikan smartphone dapat membangun layar dengan aspek rasio hingga 19:9, chipset lama hanya 16:9.

Untuk urusan konektivitas juga ada peningkatan, walaupun tidak begitu besar. Ada penambahan WiFi 5 (802.11ac) dan Bluetooth 4.2. Ada juga dukungan NFC yang bisa berjalan optimal dengan Android Pay. SoC ini juga sudah mendukung panggilan VoLTE dan EVS Voice ganda, yang pertama untuk seri 200.

Makin banyak saja chipset yang diluncurkan oleh Snapdragon dari mulai yang entry level seperti ini sampai yang mid range dan untuk smartphone flagship pastinya.