Thursday, October 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Seiring Kemajuan Teknologi, 3 Profesi Ini Terancam Digantikan Oleh Robot

Selama beberapa tahun, kemajuan teknologi sudah terjadi dengan sangat pesat. Tak hanya itu saja, penggunaan teknologi pun sudah nyaris ke seluruh bagian dunia dan familiar penggunaannya. Belum lagi saat ini, teknologi robot dengan AI pun sudah semakin dimaksimalkan. Tak itu saja, sudah ada beberapa perusahaan yang memanfaatkan teknologi AI ini untuk berbagai kepentingan. Inilah yang akhirnya melahirkan kekhawatiran bahwa pada beberapa tahun mendatang, teknologi akan sepenuhnya menggantikan profesi manusia.

Kekhawatiran ini salah satunya muncul setelah beberapa negara mulai mengeluarkan rencana strategis di bidang teknologi. Salah satunya untuk memaksimalkan penggunaan teknologi AI tersebut. Jadi profesi apa yang diprediksi nantinya akan tergantikan seiring dengan kemajuan teknologi?

Kemajuan Teknologi, 3 Profesi Ini Terancam Digantikan Oleh Robot

1. Penegak hukum

Profesi yang sangat mungkin digantikan dengan kemajuan teknologi, adalah penegak hukum. Hal ini bahkan sudah mulai terjadi dengan negara Tiongkok yang menggunakan teknologi AI untuk beberapa aspek kebijakan hukum. Salah satunya seperti kebijakan mengemudi, pendaftaran kasus, hingga pengungkapan kasus kejahatan. Hal tersebut mungkin dengan kemajuan teknologi pengenalan wajah (facial recognition) yang semakin pesat.

Meskipun terancam digantikan oleh robot, namun tetap saja ada beberapa bagian dari penegakan hukum yang tak akan bisa digantikan.

2. Pegawai pembukuan

Majunya teknologi komputer dan AI nantinya akan membuat pegawai pembukuan tak akan begitu dibutuhkan. Semua proses pembukuan bisa dilakukan secara otomatis oleh sistem komputer. Meskipun nantinya akan entry yang harus dimasukan pun, akan ada robot yang bisa melakukan hal tersebut.

Beberapa profesi pembukuan yang terancam ini seperti akuntasi, administrasi, hingga book keeper di perusahaan yang nantinya akan sangat mungkin tergantika oleh robot AI.

3. Pewawancara kerja

Kemajuan teknologi pula yang nantinya bisa membuat pewawancara kerja tak lagi dibutuhkan. Ketika semua sistem di dalam sebuah perusahaan berjalan secara otomatis dengan komputer, maka pelamar kerja tinggal memasukan data-data mereka. Nantinya sistem akan mencocokan data tersebut dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk sebuah posisi. Hingga akhirnya, tahap akhir wawancara pun akan bisa dilakukan oleh robot yang sudah disisipi teknologi AI pula.

Related Post

Hati-Hati Rawan Penipuan Dengan Modus Facebook Pal... Kini semakin banyak modus penipuan yang terjadi, bukan hanya dilakukan secara langsung namun merambah ke dunia digital. Facebook yang merupakan media ...
Kominfo Akhirnya Blokir Tik Tok, Apakah Akan Di Bu... Delapan Domain Name System (DNS) Tik Tok akhirnya secara resmi diblokir pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika, aplikasi musik singkat ini meman...
Kabel Pengisi Daya iPhone X Kabarnya Sempat Dihila... Apple masih menempati posisi pertama produsen smartphone yang selalu menampilkan ponsel pintar berkelas, paling canggih dan menempati harga tertinggi....
Penuaan Dini Menjadi Risiko Terberat Bagi Pecandu ... Penuaan dini menjadi hal yang dihindari oleh wanita menjelang 40 tahun, penyebabnya kini bukan gangguan makanan atau pola hidup yang tidak teratur. In...

One Comment

Comments are closed.