Monday, December 10Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Seiring Kemajuan Teknologi, 3 Profesi Ini Terancam Digantikan Oleh Robot

Selama beberapa tahun, kemajuan teknologi sudah terjadi dengan sangat pesat. Tak hanya itu saja, penggunaan teknologi pun sudah nyaris ke seluruh bagian dunia dan familiar penggunaannya. Belum lagi saat ini, teknologi robot dengan AI pun sudah semakin dimaksimalkan. Tak itu saja, sudah ada beberapa perusahaan yang memanfaatkan teknologi AI ini untuk berbagai kepentingan. Inilah yang akhirnya melahirkan kekhawatiran bahwa pada beberapa tahun mendatang, teknologi akan sepenuhnya menggantikan profesi manusia.

Kekhawatiran ini salah satunya muncul setelah beberapa negara mulai mengeluarkan rencana strategis di bidang teknologi. Salah satunya untuk memaksimalkan penggunaan teknologi AI tersebut. Jadi profesi apa yang diprediksi nantinya akan tergantikan seiring dengan kemajuan teknologi?

Kemajuan Teknologi, 3 Profesi Ini Terancam Digantikan Oleh Robot

1. Penegak hukum

Profesi yang sangat mungkin digantikan dengan kemajuan teknologi, adalah penegak hukum. Hal ini bahkan sudah mulai terjadi dengan negara Tiongkok yang menggunakan teknologi AI untuk beberapa aspek kebijakan hukum. Salah satunya seperti kebijakan mengemudi, pendaftaran kasus, hingga pengungkapan kasus kejahatan. Hal tersebut mungkin dengan kemajuan teknologi pengenalan wajah (facial recognition) yang semakin pesat.

Meskipun terancam digantikan oleh robot, namun tetap saja ada beberapa bagian dari penegakan hukum yang tak akan bisa digantikan.

2. Pegawai pembukuan

Majunya teknologi komputer dan AI nantinya akan membuat pegawai pembukuan tak akan begitu dibutuhkan. Semua proses pembukuan bisa dilakukan secara otomatis oleh sistem komputer. Meskipun nantinya akan entry yang harus dimasukan pun, akan ada robot yang bisa melakukan hal tersebut.

Beberapa profesi pembukuan yang terancam ini seperti akuntasi, administrasi, hingga book keeper di perusahaan yang nantinya akan sangat mungkin tergantika oleh robot AI.

3. Pewawancara kerja

Kemajuan teknologi pula yang nantinya bisa membuat pewawancara kerja tak lagi dibutuhkan. Ketika semua sistem di dalam sebuah perusahaan berjalan secara otomatis dengan komputer, maka pelamar kerja tinggal memasukan data-data mereka. Nantinya sistem akan mencocokan data tersebut dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk sebuah posisi. Hingga akhirnya, tahap akhir wawancara pun akan bisa dilakukan oleh robot yang sudah disisipi teknologi AI pula.

Related Post

Samsung Kembali Bangkitkan Tren Ponsel Tahun 2000-... Model ponsel dengan gaya clamshell atau ponsel lipat sempat menjadi populer di sekitar tahun 2000 an. Ponsel dengan fitur dan bentuk buka-tutup meny...
Satu Lagi Pesaing Gojek Dan Grab Telah Hadir Di In... Aplikasi berbasis transportasi online bernama Bonceng telah resmi diperkenalkan pada hari Sabtu (10/11/2018) di Jakarta. Aplikasi hasil karya anak b...
Panas, Qualcomm Tuduh Apple Mencuri Rahasia Pembua... Baru-baru ini Qualcomm telah menuduh Apple mencuri rahasia pembuatan chip mereka untuk diberikan kepada kompetitor mereka yaitu Intel. Tuduhan ini d...
Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Teknologi Untuk Meng... 12 Anda tahu apa itu Cryonics? Jika belum tahu mari kita lihat penemuan menakjubkan dari para ilmuwan mengenai hal tersebut. Adalah Dennis Kowalski y...

One Comment

Comments are closed.