Monday, September 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Sehat dengan Susu

Susu sebagaimana kita ketahui bersama adalah minuman yang sangat kita dibutuhkan, karena kaya akan kalsium, yakni sejenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalsium itulah yang berperan penting dalam membangun struktur tulang,sehingga jika kalsium yang dikonsumsi seseorang cukup, maka tulangnya akan menjadi tebal dan kuat.

Selain itu, kalsium berperan mengatur sel, mengantar impuls syaraf, serta menjadi komponen penting dalam proses pembekuan darah.  Kalsium juga diketahui berfungsi menjaga kontraksi otot tetap seimbang. Hal tersebut terjadi jika kadar kalsium dalam darah cukup.

 Selain kaya akan kalisum, susu juga sarat dengan gizi. Setidaknya, di dalam susu terkandung vitamin A, D, B1, B2, vitamin C, dan sejumlah mineral, seperti fosfor, kalium, natrium, besi, seng, magnesium, selenium,dan chloride.

Dengan berkembangnya tekhnologi pengolahan pangan, memungkinkan susu diproduksi sesuaim kebutuhan nutrisi setiap orang, dari kelompok usia tertentu, hingga bermacam gangguan kesehatan. Susu untuk anak-anak kini diformulasi dengan linoleat kandungan gizi yang sesuai dengan perkembangan, misalnya untuk anak usia 1 tahun, 3 tahun, dan 6 tahun

Demikian juga susu khusus untuk wanita hamil dan menyusui. Susu skim yang diperkaya dengan kalsium dan zat besi diformulasi sesuai dengan kebutuhan gizi wanita diatas 30 tahun, terutama yang memasuki masa perimenapouse. Untuk mereka yang berdiet lemak total, juga tersedia susu nonfat yang berkadar lemak 0% dengan kandungan kalsium hingga 60% serta bebas gula.

Bagi penderita penyakit jantung dan kolesterol tinggi, tersedia susu rendah lemak yang kaya kalsium, Omega 3, dan Omega 6 dalam komposisi berimbang hingga dapat mengontrol kadar kolesterol. Begitu spesifiknya kandungan nutrisi susu yang dijual di pasar saat ini, rasanya tidak ada alasan lagi untuk menghindari susu. Karena yang terpenting adalah cermat dalam memilih, agar kita memperoleh manfaat yang maksimal dari susu.

Kandungan Susu

Di hampir semua iklan produk susu, senantiasa digembar-gemborkan tentang kandungan nutrisi yang terdapat di dalam susu yang mereka promosikan. Susu untuk anak sebenarnya tidak perlu memaksakan merek tertentu, apalagi yang harganya mahal. Kecuali kalau anak mempunyai masalah, misalnya berat badannya sulit berkembang, atau memiliki problem dengan pencernaan. Tetapi tidak ada salahnya jika mengetahui kandungan nutrisi pada susu yang biasanya menjadi bahan untuk promosi.

DHA

Ada 3 asam lemak esensial yang sangat penting untuk pertumbuhan, terutama untuk anak-anak, yaitu Omega 6, Omega 3, dan asam arakhidonat (Arakhidonic Acid – AA/ARA). DHA atau asam dokosaheksaenoat sebetulnya merupakan perpanjangan rantai dari Omega 3 (asam linoleat). DHA dianggap penting, karena ternyata komponen sel-sel otak di bagian korteks (otak luar) banyak yang mengandung DHA. Dengan penambahan DHA pada susu, diharapkan anak yang mengkonsumsi susu bisa semakin cerdas.

AA/ARA

AA/ARA atau asam arakhidonat sebetulnya merupakan hasil sintesa Omega 6 (asam linoleat). Tidak berbeda halnya dengan DHA, AA/ARA juga mempunyai peran yang sangat penting dalam perkembangan otak.

Baca juga: Minuman Sehat Teman Begadang Selain Kopi

Prebiotik

Merupakan serat FOS (fluktoorigo sakarin) yang ditambahkan dalam susu. yang memudahkan kuman-kuman baik di dalam usus berkembang.

Probiotik

Probiotik adalah kuman-kuman baik yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Dengan menambahkan probiotik ke dalam produk susu, diharapkan bayi/anak jadi lebih sehat pencernaannya. Usus anak jadi lebih tahan terhadap kuman-kuman patogen (ganas). Produk susu yang menggabungkan kandungan prebiotik dan probiotik tersebut disebut sinbiotik.

Nukleotida

Nukleotida secara alami terdapat didalam ASI. Nukleotida merupakan protein pembentuk inti sel DNA-NRA yang penting untuk perkembangan sel. Nukleotida juga meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) anak.

Betakaroten

Betakaroten merupakan salah satu nutrisi penting yang diubah menjadi vitamin A (provitamin A). Betakaroten merupakan salah satu karotenoid yang terdapat dalam susu, berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang menangkal radikal-radikal bebas yang dihasilkan dalam proses metabolism tubuh.

Taurin

Taurin adalah sejenis protein juga. Fungsinya adalah meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh bayi/anak.

Related Post

Makan Pizza Tanpa Toppingnya Berjatuhan, Begini Ca... Makan pizza di hari libur memang jadi hal yang paling dinantikan anak-anak, apalagi jika sudah berkumpul dengan keluarga. Makan dengan formasi lengkap...
Asal Mula Bakpao Ulasan Dunia - Asal Mula Bakpao Arti Dari Bakpao Siapa diantara kalian yang merupakan pecinta bakpao? sudah tau asal mula bakpao ini sebelumnya? yu...
Menu Makanan Sehat Anjuran Untuk Sahur Bulan Ramadan adalah buah penuh rahmat, hal ini tentu sudah disadari semua umat muslim. Sehingga tidak ada alasan untuk bermalas malasan, menjadikan l...
Sushi Holic, Mulai Kenali Batasan Makan Dalam Semi... Sushi makanan khas dari Jepang yang terkenal dengan kesegaran ikannya, ini adalah makanan sehat yang dapat di konsumsi setiap harinya. bahkan dikataka...