Sunday, April 5Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Sayuran Ungu Kaya Manfaat Yang Wajib Dikonsumsi

Sayuran Ungu Kaya Manfaat Yang Wajib Dikonsumsi

Banyak sekali jenis sayuran yang beredar di pasaran. Salah satunya adalah kelompok sayuran berwarna ungu.

Meski tak sepopuler sayuran hijau, sayuran ungu juga mengandung segudang manfaat dan mineral yang baik untuk kesehatan. Mereka juga dikemas dengan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Lalu, sayuran apa saja yang masuk ke dalam kelompok ini? Berikut kumparan rangkum untuk kamu.

  1. Ubi ungu

Ubi ungu banyak mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, provitamin A, kalium, dan vitamin B. Bahkan, ia juga mengandung antosianin atau senyawa yang mengandung sifat antioksidan di dalamnya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan, ubi ungu memiliki sifat anti-inflamasi dan bisa melindungi dari obesitas serta jenis kanker tertentu. Kamu bisa menyantap ubi ungu sebagai pengganti nasi, karena ia dikemas dengan karbohidrat yang cukup tinggi.

  1. Terung

Sayuran ungu yang satu ini cukup familier di Indonesia. Saking populernya, ia sering diolah menjadi beragam hidangan lezat. Sebut saja terung balado hingga terung goreng. Sadar atau tidak, sayuran yang memiliki nama ilmiah Solanum melongena ini mengandung antioksidan dan mangan yang cukup tinggi. Kedua mineral itu sangat penting untuk menjaga kesehatan dan metabolisme tulang.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Food Funct, kulit terung yang berwarna ungu bahkan mengandung nasunin –jenis antioksidan antosianin– yang terbukti memiliki sifat anti-inflamasi. Masih dalam studi yang sama, nasunin juga terbukti dalam melindungi jantung pada hewan.

  1. Kale ungu

Kale dianggap sebagai salah satu sayuran paling padat nutrisi di muka bumi. Ini karena, sayuran yang dijuluki ‘queen of greens’ tersebut kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Tak jauh berbeda dengan kale hijau, kale ungu juga mengandung segudang vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam J Agric Food Chem menyebut, ekstrak kale ungu mengandung 47 senyawa tanaman yang kuat. Termasuk di dalamnya ada kaemferol, kuersetin, dan asam p-kumarat .

  1. Asparagus ungu

Selama ini kita mengenal asparagus berwarna hijau, bukan? Ternyata ada jenis lain yaitu asparagus ungu. Asparagus ungu sendiri kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Ia juga menjadi sumber antosianin yang luar biasa.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Phytochemistry, asparagus ungu merupakan varietas dengan konsentrasi polifenol yang paling tinggi. Dengan kandungan itu, ia memiliki sifat antikanker dan bisa melindungi kesehatan jantung.

  1. Kol ungu

Kalau kamu penggemar salad, tentu familier dengan kol ungu. Sayur yang juga akrab disebut kol merah ini merupakan tanaman yang masuk dalam famili Brassicaceae. Bukan hanya dari warnanya saja, salah satu perbedaan yang mencolok dari kol ungu datang dari tekstur daunnya. Kol ungu juga memiliki tekstur daun yang lebih keras, sehingga terasa lebih renyah saat digigit. Selain itu, kol ungu juga memiliki vitamin C yang lebih banyak dibanding kol hijau

Dengan kandungan mineral dan vitamin yang ada di dalam kol ungu, banyak ahli menyebut ia bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan usus, mencegah kanker, menguatkan tulang, meningkatkan kesehatan jantung, hingga bantu melawan peradangan.