Monday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Sarapan Sehat Untuk Bekal Anak-anak Di Sekolah

Sarapan Sehat Untuk Bekal Anak-anak Di Sekolah

Sarapan adalah salah satu kunci agar tubuh lebih berenergi. Karena itu, memilih menu sarapan tentunya tak boleh sembarangan. Apalagi, bagi anak-anak dan remaja yang masih dalam masa pertumbuhan.

Menu sarapan harus mengandung nutrisi yang padat agar bisa menunjang aktivitas sehari-hari. Selain untuk memenuhi asupan gizi, makanan kaya nutrisi bisa jadi sumber energi sehingga anak tak mudah lelah dan mengantuk. Mumpung liburan sekolah hampir usai, yuk cari alternatif menu sarapan sehat untuk anak. Berikut ini lima rekomendasinya:

  1. Telur

Murah dan cocok dikombinasikan dengan beragam bahan, telur adalah paket lengkap untuk menu sarapan anak. Kamu bisa mengolahnya menjadi omelette, direbus, atau disajikan sebagai isian roti yang mengenyangkan.

Telur juga kaya kandungan gizi; seperti protein, asam folat, choline, vitamin B6 dan B12. Dari jurnal yang diterbitkan The National Academy of Sciences, Amerika Serikat, choline berfungsi untuk memaksimalkan kerja otak serta mencegah lonjakan mood yang tiba-tiba atau mood swing.

  1. Brokoli

Brokoli bisa jadi pilihan menu sarapan agar anak lebih mudah konsentrasi di sekolah. Dikutip dari jurnal PubMed tahun 2016, menyantap 1 mangkuk brokoli sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin K hingga 100 persen. Vitamin K dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu memperkuat daya ingat.

Selain itu, brokoli juga punya sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan otak. Kamu bisa mengolah brokoli jadi berbagai macam hidangan, seperti ditumis, direbus, atau disajikan sebagai campuran salad sehat.

  1. Ikan

Ikan masuk dalam top list menu yang cocok untuk meningkatkan kesehatan otak. Beberapa jenis ikan; seperti salmon, sarden, hingga teri punya kandungan asam lemak Omega 3 yang bagus untuk otak.

Asupan Omega 3 yang cukup bisa membantu menangani kesulitan konsentrasi saat menerima informasi. Konsumsi secara rutin, juga bisa membantu mengurangi risiko Alzheimer, bahkan mengurangi dampak depresi.

  1. Oatmeal dan buah

Tak sempat menyiapkan sarapan untuk anak di pagi hari? Kamu bisa menyajikan semangkuk oatmeal ditambah buah-buahan segar. Hidangan ini cukup untuk menunjang kebutuhan nutrisi anak di pagi hari. Oatmeal kaya akan karbohidrat dan serat sehingga dapat membantu menambah energi.

Sedangkan buah-buahan yang tinggi antioksidan, bisa membantu memaksimalkan kinerja otak sehingga lebih mudah menyerap informasi. Untuk kombinasi buahnya, kamu bisa memilih; blueberry, stroberi, pisang, atau kiwi yang tinggi vitamin C.

  1. Alpukat

Asupan vitamin K, vitamin B, asam folat, hingga potasium bisa didapatkan dengan mengkonsumsi alpukat. Buah bertekstur lembut ini juga kaya lemak Omega 3 yang bermanfaat bagi kesehatan otak. Ditambah adanya vitamin E bersifat antioksidan, konsumsi alpukat bisa mencegah kerusakan sel, termasuk sel-sel otak. Kamu bisa menyajikan alpukat menjadi smoothie, isian salad, atau disantap secara langsung dalam keadaan segar.