Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Samsung Akan Gunakan Segera Sensor Kamera 108 MP

Samsung Akan Gunakan Segera Sensor Kamera 108 MP

Raksasa manufaktur asal Korea Selatan, Samsung, telah melakukan banyak hal dalam pengembangan kamera smartphone alias ponsel pintar. Baru-baru ini, Redmi dan juga realme sudah mengumumkan niatnya untuk menggunakan sensor 64 MP terbaru dari Samsung.

Bahkan, realme sudah mulai menggoda lewat perangkat yang dikembangkannya dengan memperlihatkan beberapa bidikan foto yang dipotret dengan kamera 64 MP. Sementara itu, redmi belum sama sekali memperlihatkan perangkatnya. Jadi, akan ada kemungkinan smartphone realme 64 MP akan melenggang lebih dulu ke pasaran.

Nah! Hal berbeda justru ditunjukkan oleh CEO Xiaomi. Ya! Lei Jun juga memiliki kepercayaan sendiri bahwa sensor kamera Samsung 100 MP (khusus 108 MP) tidak lama lagi akan segera melenggang. Rupanya apa yang dikatakan oleh Lei Jun dijawab langsung oleh Samsung lewat akun Twitter resmi miliknya.

Samsung juga mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan ISOCELL terbaru yang akan dirilis pada tanggal 12 Agustus 2019. Samsung pun mengklaim bahwa sensor barunya itu akan membawa kamera “redefine the resolution”. Meski begitu, Samsung tidak menyebutkan secara spesifik sensor barunya itu.

Spekulasi yang sudah beredar, itu kemungkinan besar adalah sensor 108 MP. Mengenai sorotan utama dari ISOCELL 108 MP milik Samsung, Xiaomi sebelumnya juga  telah mengungkap beberapa hal yang lebih detail. Menurut Xiaomi, resolusi kameranya bisa mencapai 12.032 x 9.024 piksel.

Selain itu, Xiaomi juga yakin dan percaya bahwa sensor 108 MP yang dikembangkan oleh Samsung akan menjadi sensor gambar terbesar di pasaran. Dikatakan, area foto sensitif yang besar dapat memberikan input cahaya yang lebih tinggi. Kemampuan bidikan untuk memotret di malam hari juga tidak diragukan dan layak untuk ditunggu.

Sayangnya, Xiaomi tidak menginformasikan lebih detail mengenai smartphone pertamanya yang akan memakai sensor 108 MP. Namun tak sedikit yang berpikir bahwa itu adalah Mi MIX 4. Hanya saja, lewat mulut Lei Jun, ia juga sesumbar bahwa Xiaomi memang saat ini sedang sibuk mengerjakan smartphone dengan sensor kamera 108 MP.

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy Note10 dan Note10+. Tentu saja, tak sedikit penggemar gadget yang penasaran dengan dukungan kamera yang ada pada smartphone flagship milik Samsung tersebut. Ya! Buat kalian yang mau membeli smartphone ini, mungkin penilaian DxOMark bisa jadi pegangan.

Adalah Samsung Galaxy Note10+ 5G yang sudah diujicoba kameranya oleh DxOMark. Satu hal yang cukup membuat kita berkata “wow”, akhirnya Samsung bisa menempatkan salah satu flagship terbaiknya di posisi paling atas. Ya! Galaxy Note10+ 5G meraih skor keseluruhan 113 poin, berhasil mendepak Huawei P30 Pro.

Jika dijabarkan lebih detail, untuk kategori foto, Galaxy Note10+ 5G mampu meraih skor 118 poin, yang berbeda satu poin dengan Huawei P30 Pro (119 poin). Sementara untuk kebutuhan video recording, skor yang dihasilkan jauh meninggalkan Huawei P30 Pro (97 poin), yakni mampu meraih skor 101 poin.