Monday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Sampah Dari Indonesia Jalan-jalan Sampai Ke Thailand

Sampah Dari Indonesia Jalan-jalan Sampai Ke Thailand

Kumpulan foto yang menampilkan timbunan sampah plastik asal Indonesia di pantai Thailand jadi viral di media sosial. Foto-foto itu awalnya dibagikan Ivana Kurniawati melalui akun Instagram-nya, @ivana_kurniawati, pada Minggu (11/8).

Kumpulan foto milik Ivana itu kemudian diunggah ulang oleh beberapa akun di Instagram dan Twitter. Mulai dari sampah plastik pembungkus mi instan, minuman kemasan, hingga sendal jepit, bisa terlihat di timbunan sampah dalam foto-foto yang diunggah Ivana.

Dalam keterangan unggahannya, Ivana Kurniawati mengaku melihat langsung sampah asal Indonesia itu di Pantai Nai Yang, Phuket, Thailand. Sampah-sampah itu diketahui berasal dari Indonesia karena tertera tulisan berbahasa Indonesia dan kalimat ‘Made in Indonesia’. “Sampah Kita sampai Nyasar di Negeri Orang,” tulis Ivana sebagai judul keterangan unggahannya.

Ivana menjelaskan bahwa masyarakat Thailand sedang bahu-membahu membersihkan timbunan sampah yang terbawa ke pantai akibat musim hujan angin. Ivana yang berada di lokasi mengaku terkejut setelah menemui banyaknya sampah plastik asal Indonesia.

“Yang mengejutkan dan tentu saja memalukan bagiku adalah sebagian besar sampah yang bisa ku identifikasi datang dari Indonesia. Sebagian besar! Entah sudah berapa tahun sampah itu mengambang di lautan lepas,” tulis Ivana dalam keterangan unggahannya.

Merasa malu dengan banyaknya sampah dari negara asalnya di negeri orang, Ivana meminta maaf kepada masyarakat setempat. Apalagi Ivana menyebutkan bahwa masyarakat, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak, sudah bekerja keras secara sukarela membersihkan sampah di pantai selama beberapa hari.

“Tak banyak yang bisa kulakukan selain membagikan berita buruk ini, sebuah tamparan bagi kita semua. Aku sangat malu, berkali-kali aku juga meminta maaf pada masyarakat yang kutemui di pantai ini dan aku tahu kata maaf itu tidak cukup,” tambahnya.

Salah satu foto yang diunggah Ivana juga memperlihatkan bangkai penyu yang sudah terurai dengan sampah-sampah di sekelilingnya. Seorang warga dalam unggahan Instagram Story Ivana juga menyebutkan 80 persen dari sampah yang terdampar ke pantai itu berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Meski banyak yang turut prihatin dengan kondisi sampah Indonesia di negeri orang, sebagian warganet justru membandingkan sampah-sampah yang tersasar di pantai Thailand itu dengan kasus sampah yang diimpor ke Indonesia oleh negara lain.

Menanggapi komentar dari warganet yang meragukan kebenaran sampah asal Indonesia yang tersasar hingga ke pantai di Thailand itu, Ivana mengatakan hanya ingin membagikan apa yang dilihatnya sebagai introspeksi pada diri dan masyarakat Indonesia lainnya.

“Aku juga tidak mengatakan Indonesia tidak terdampak sampah dari negara lain. Tapi apa gunanya membandingkan sampah siapa yang lebih banyak, toh kita semua tinggal di bumi yang sama dan kita sama-sama merugi. Tujuanku tidak lain adalah menumbuhkan kesadaran individu atas tanggung jawabnya secara pribadi terhadap lingkungan,” tulis Ivana melalui Instagram Story.