Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Rute KRL Akan Sampai Juga Ke Karawang Kata Orang Ini

Rute KRL Akan Sampai Juga Ke Karawang Kata Orang Ini

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memperpanjang rute Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line sampai ke Karawang, Jawa Barat. Saat ini untuk rute timur, jalur KRL hanya sampai Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan untuk merealisasikan rencana tersebut, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan finalisasi pembangunan fisik rel KRL Commuter Line menuju Karawang. “Nanti insyaallah (KRL) sampai Karawang,” kata Budi Karya saat ditemui di Stasiun Metland Telaga Murni, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (13/8).

Dia menambahkan, finalisasi fisik rel KRL menuju Karawang ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun depan. Berdasarkan rencana sementara, rel KRL yang akan dipakai untuk rute tersebut yaitu double track. “ā€ˇFinalisasi fisiknya ya pada akhir tahun depan lah, pakai double track. Kalau Double-Double Track (DDT) cuma sampai Cikarang,” bebernya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, mengatakan bahwa untuk tahun ini, pihaknya masih fokus pada proyek DDT untuk KRL Commuter Line di Stasiun Cikarang. Rel yang ada di rute Cikarang masih double track.

“Yang masih kita inikan DDT sampai Cikarang, kita bikin dulu. Karawang nanti setelahnya kita evaluasi,” jelas Zulfikri. Awalnya operasional KRL ke arah timur hanya sampai Cikarang, tapi akan dipanjangkan hingga Karawang, Jawa Barat.

Saat ini, mantan Direktur Utama Angkasa Pura II menuturkan, pihaknya sedang menyelesaikan fisik untuk jalur KRL tersebut. “Karawang ini kami akan finalkan fisiknya,” kata Budi saat ditemui di Stasiun Metland Telaga Murni, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Selasa (13/8/2019).

Budi Karya menerangkan, nantinya pemerintah tak akan membangun jalur baru untuk operasional KRL hingga karawang. Menurutnya, operasional KRL hingga Karawang menggunakan jalur yang sudah terbangun.

Kendati demikian, masyarakat harus bersabar untuk bisa menggunakan KRL hingga Karawang. Pasalnya, rencanan pemanjangan jalur tersebut baru dilaksanakan tahun depan. “Kalau fisiknya selesai ya akhir tahun depan,” kata dia.

Kendati demikian, masyarakat harus bersabar untuk bisa menggunakan KRL hingga Karawang. Pasalnya, rencana pemanjangan jalur tersebut baru dilaksanakan tahun depan. “Kalau fisiknya selesai ya akhir tahun depan,” kata dia.