Wednesday, September 30Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Rupiah Melemah 100 Rupiah Namun APBN Bertambah Sebanyak Triliunan, Kok Bisa?

Rupiah Melemah 100 Rupiah Namun APBN Bertambah Sebanyak Triliunan, Kok Bisa?

Lagi-lagi orang paling bertanggung jawab sekarang ini dalam bidang keuangan di Indoensia menjawab dengan cerdas terhadapa para warga yang bertanya mengenai pelemahan rupiah karena krisis ekonomi global belakangan ini di seluruh dunia. Salah satu katanya yang sedang manjadi perbincangan adalah akrena Ibu Sri Mulyani mengatakan setiap dolar naik 100 rupiah maka duit negara tambah 1,6 triliun rupiah pula. Ia mengatakan menguatnya dolar tidak selalu berdampak negatif bagi Indonesia.

Setelah sebelunya Sri Mulyani keluar dari Tim sukses Jokowi-Maruf Amin karena ingin fokus pada tugasnya sebagai menteri keuangan lalu juga mengeluarkan keputusan terhadap pajak impor barang mewah ke Indonesia kini ia juga mengatakan bahwa naiknya dollar amerika serikat tidak selalu memberikan dap=mpak negatif bagi Indonesia. Ibu Sir Mulyani mengatakan perubahan nilai tukar dollar ternyata juga memberikan tambahan pendapatan ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2018. Ia mejelaskan bahwa setiap pelemahan rupiah terhadap dolar AS sebesar 100 rupiah akan menambah pendapatan pajak sebesar 4,7 triliun rupiah dan belanja negara juga akan bertambah sebesar 3,1 triliun, yang artinya jika anda pandai berhitung pasti mengerti matematika dasar yang dijelaskan ibu Sri Mulyani ini.

Ibu Sri Mulyani juga menjelaskan bahwa realisasi penerimaan negara sampai 31 agustus 2018 adalah sebesar 18,4 persen sedangkan perpajakan mengalami kenaikan sebesar 16,5 persen. Menurut menteri keuangan itu ini adalah pertumbuhan yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan tahun lalu karena tax growth saat itu hanya sebesar 9,5 persen dan sekarang menjadi 16,5 persen, apa anda mengerti tentang matematika dasar yang dijelaskan Sri Mulyani ini.

Sedangkan dari penerimaan negara bukan pajak atau PNBP juga mengalami perbaikan diperngaruhi oleh komoditas yang terus membaik. Sampai 31 agustus 2018 ini PNPB naik menjadi 24,3 persen sedangkan pada tahun lalu sebesar 20,2 persen. Secara keseluruhan defisit total APBN sampai agustus 2018 adalah mencapai 150 triliun turun dibanding tahun lalu sebesar 220 triliun. Ia mengatakan pemerintah akan terus menjaga defisit tetap berada pada target yang ditetapkan dalam APBN 2018.

Jadi bagaimana tentang secuil penjelasan dari ibu Sri mulyani tadi pasti ada ya yang nyangkut di otak kalian. Jadi begitulah mengapa APBN bisa tetap terjaga walu dollar naik. Begitulah seharusnya pemerintah yang baik, tolong dijelaskan dengan baik dan terperinci bukannya malah berdiplomasi yang makin bikin bingung rakyatnya.