Thursday, September 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Rumah Masa Depan Saat Memilih Tinggal Di Planet Mars

Rumah masa depan yang akan Anda gunakan dengan pasangan memang di design sebagus mungkin, sehingga nyaman digunakan. Namun bagaimana dengan rumah yang ada di Planet Mars? Memang sudah ada beberapa gagasan, dimana nantinya Planet Bumi sudah tidak mampu lagi menampung semua manusia.

Akhirnya akan melakukan migrasi ke planet lain, Mars adalah planet terdekat dengan bumi dan paling memungkinkan untuk hidup disana. Pasalnya sudah ditemukan air dan cara mengubah oksigen disana, sehingga NASA mulai membuat perlombaan untuk merangcang model rumah masa depan yang akan digunakan untuk koloni di Mars.

Hadiahnya tidak main-main, bahkan pada kelima finalis mendapatkan total hadiah senilai 1,4 miliar. Ini tentu memicu kreatifitas untuk menciptakan hal baru di tempat yang tidak dikenal sebelumnya, bahkan banyak orang ingin pergi ke Mars, meskipun harus mendapatkan banyak persyaratan untuk menjadi astronot nantinya.

Dalam merancang rumah masa depan di Planet Mars juga tidak bisa sembarangan, digunakan software khusus yaitu Building Information Modeling. Dimana merancang dengan penuh ketelitian, bukan hanya bentuk, namun juga ketahanan, ketebalan bahan dan kekuatan untuk segel. Pasalnya di Mars tentu tidak memiliki atmosfer dan gata grafitasi seperti di bumi.

Maka dari itu, NASA akhirnya memilih 5 model terbaik yang paling bisa dan mudah di aplikasikan di Planet Mars nantinya. Lebih bagusnya lagi, hasil rancangan ini tidak hanya dibuat dalam bentuk software namun juga cetak 3D sehingga dapat terlihat aslinya. Bahkan semua model rumah terlihat unik dan lucu jika ada di bumi.

Baca juga : Jarak Bumi Dan Mars

5 Model Rumah Masa Depan di Planet Mars

  1. Zopherus

    Ini merupakan rancangan yang paling sederhana, namun menjadi finalis terbaik dari NASA. Pasalnya bentuknya kecil dan menyerupai roket, mudah mencetak koloni dalam jumlah banyak secara singkat. Dimana nantinya akan ada robot kecil yang membangun roket, jika sudah selesai akan mengangkat tubuhnya dan membantu koloni lainnya.

  2. Al Spase Factory

    Hampir serupa dengan Zopherus, namun memiliki silinder vertikal dalam satu rumah tersebut. Ini jadi model rumah masa depan paling mudah dicetak, dimana rancangan bisa menahan panas, memiliki banyak ruangan yang cukup fungsional, sehingga hemat tempat dan bisa digunakan secara maksimal.

  3. Kahn-Yates

    Memilih bentuk seperti rumah siput namun berstuktur rongga, dimana memiliki seni dalam rumah masa depan sehingga memungkinkan adanya sinar atau cahaya yang masuk dalam rumah untuk efisiensi tenaga. Selain itu, ruangan juga cukup besar sehingga bisa berinteraksi dengan beberapa orang sekaligus. Namun untuk membuat koloni, membutuhkan waktu yang cukup panjang.

  4. Search+/Apis Cor

    Rumah masa depan di Planet Mars yang cocok untuk permukaan apapun, bahkan untuk tempat dengan kemiringan tertentu. Ini akan bisa memaksimalkan cahaya dengan terdapat rongga di bagian luar, namun tetap bisa mengatasi radiasi. Ada dua tekanan yang berbeda sehingga tetap aman digunakan untuk berkoloni.

  5. Nourtwestren University

    Ini merupakan konsep rumah masa depan yang dibangun oleh satu universitas, dimana memilih untuk menggunakan konstruksi sederhana dengan melingkar. Namun tetap menggunakan kubah untuk perlindungan utama, di bagian dalam terbagi dengan karet sehingga tidak akan terjadi kebocoran gas bahkan dirancang lebih sederhana untuk menampung lebih banyak orang

Semua rancangan rumah masa depan di Planet Mars ini sudah uji ketahanan dan kelayakan, ini semua akan memberikan Anda lebih banyak wawasan bagaimana untuk tinggal di planet lain. Ada baiknya untuk sadar, jangan sampai harus melakukan migrasi, karena jika itu terjadi planet lain tidak akan lebih ramah dari bumi.

One Comment

Comments are closed.