Tuesday, May 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Rumah Di Italia Ini Dijual Hanya Seharga Enam Belas Ribu Rupiah

Rumah Di Italia Ini Dijual Hanya Seharga Enam Belas Ribu Rupiah

Dewan Kota Sambuca di Sisilia Italia mengambil langkah yang bikin geleng-geleng kepala. Rumah yang sudah tak berpenghuni dilelang seharga 1 Euro atau setara Rp 16.104. Strategi tak lazim tersebut sudah mulai diterapkan pada Januari yang lalu. Ketika itu Dewan Kota telah mengumumkan rumah kosong di Sambuca akan dijual seharga 1 Euro lewat proses lelang.

“Jika peserta dari lelang tidak menawar dengan harga tinggi maka rumah itu akan dihargai seharga sebuah croissant,” ucap Wakil Wali Kota Sambuca Giuseppe Cacioppo, seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (11/5).

Setelah pengumuman dibuat, kota kecil yang berjarak satu jam perjalanan mobil dari Palermo dibanjiri kunjungan warga asing. Pembeli yang berasal dari Rusia, Uni Emirat Arab, Panama dan Inggris mengecek langsung kabar rumah super murah di Sambuca. Bukan cuma kunjungan saja, telepon di Dewan Kota selama sepekan tidak pernah absen berdering.

“Penelepon diketahui berasal dari Sydney, London, New York, beberapa pekan usai pengumuman ada 100 ribu email,” sebut dia. Pada beberapa hari yang lalu, Dewan Kota memang mengumumkan sebanyak 16 rumah yang kepemilikannya dipegang pemerintah setempat telah terjual lewat lelang.

Dari harga awal sebesar 1 Euro, saat lelang dimulai rumah termurah berhasil terjual dengan harga 1.000 Euro atau sekira Rp 16 juta dan yang termahal 25 ribu Rp 402 juta. Jumlah itu memang belum termasuk rumah pribadi yang sudah terjual sebelumnya. Kesuksesan strategi tersebut, menurut Cacioppo telah melebihi ekspektasinya. Ia pun menyatakan bahwa penjualan lelang terbukti membawa keuntungan berlipat bagi kota Sambuca ini.

“Apa lagi yang bisa saya ucapkan, ini luar biasa. Di antara semuanya itu ada rumah pribadi dan juga yang milik pemerintah kota. Dimana nilai investasi total yang kami dapat yaitu sebesar 1 juta Euro. Ini adalah harta karun yang cukup nyata bagi kota kecil seperti kami,” jelasnya.

Jadi bagaimana apakah kalian tertarik untuk memiliki rumah itu atau mungkin tertarik untuk datang ke Sisilia hanya untuk melihat rumah tersebut. Yang pasti Sisilia memang menjadi salah satu tempat objek wisata yang cukup terkenal di Italia. Jadi jika kalian ingin liburan ke Italia, mungkin Sisilia bisa menjadi salah satu tujuan destinasi traveling kamu. Selamat menikmati dan selamat liburan ya semuanya. Ingat jangan lupa bekerja dan yang terpenting ya jangan lupa berlibur.