Monday, December 10Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Risiko Terkena Diabetes Akibat Pencahayaan Terlalu Terang Saat Tidur

Anda tentu ingin bangun di pagi hari dengan kondisi segar dan bersemangat, sehingga membuat waktu tidur di malam hari menjadi lebih berkualitas. Ternyata kini ditemukan fakta, jika tidur dengan cahaya terlalu terang bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. Mengapa demikian?

Menurut penelitian dari Northwestren University, Amerika Serikat, dimana melakukan penelitian pada 20 orang dewasa dengan usia 18 hingga 40 tahun. Semua orang tersebut tidur di malam hari dalam satu ruangan yang sama namun dengan perbedaan pencahayaan, di malam pertama tidur dalam kondisi gelap gulita tanpa adanya pencahayaan.

Malam kedua, setengah dari peserta penelitian tidur dalam ruangan gelap dan sisanya tidur dalam ruangan dengan pencahayaan terang. Ternyata ini menunjukkan perbedaan tanda vital seperti detak jantung, gelombang otak dan pergerakan tubuh, terutama pada kaki dan mata.

Sebelum penelitian, di ambil sampel darah dan sepanjang penelitian setiap 1 jam sekali di ambil sampel darah kembali guna dilakukan penelitian. Hal ini melingkupi cek hormon, melatonin dan ritme sirkadian yang mengalami peningkatan saat tertidur. Bahkan di pagi harinya, sampel darah akan mengalami peningkatan jumlah glukosa.

Baca juga : http://www.ulasandunia.com/kenali-tempat-tidur-terdeteksi-keberadaan-kutu-kasur/

Ternyata setelah diteliti, setiap pagi peserta penelitian yang tidur dalam kondisi ruangan terang, memiliki tingkat toleransi glukosa lebih tinggi, dimana insulin tidak berproduksi secara maksimal, sehingga bisa meningkatkan risiko diabetes, tanpa adanya faktor genetika.

Sudah jelas, ini bisa jadi acuhan untuk mengurangi penggunaan cahaya atau lampu terlalu terang saat tidur di malam hari. Bahkan jika bisa, hindari mata dari sudut lampu sehingga tidak silau saat bangun di pagi hari. Bahkan tidur dalam gelap bisa memberikan raya tenang, relaks dan lebih lelap, ini akan membuat Anda bangun lebih segar dan bersemangat.

Jika memang harus tidur dalam ruangan yang terang, ada baiknya gunakan penutup mata. Sehingga bisa mengurangi dampak kurang bagus dari pencahaan terlalu terang saat tidur, bukan hanya dari lampu. Namun hindari penggunaan gadget, televisi atau benda yang bisa mengeluarkan cahaya terlalu terang saat tidur.

Ini juga tidak memberikan dampak bagus, ada baiknya mematikan semua gadget dan tidak terlalu dekat saat tidur. Ini bukan hanya mengurangi dampak diabetes, namun juga membuat pola hidup sehat, lebih hemat dalam penggunaan listrik dan mendapatkan tidur yang sempurna setiap malam.

Related Post

Sushi Holic, Mulai Kenali Batasan Makan Dalam Semi... Sushi makanan khas dari Jepang yang terkenal dengan kesegaran ikannya, ini adalah makanan sehat yang dapat di konsumsi setiap harinya. bahkan dikataka...
Leonel Messi mengikut Jejak Cristiano Ronaldo dala... Belakangan ini beredar kabar Suami dari Antonella Roccuzzo mengikuti langkah Cr7 dengan membeli Hotel dan berbisnis Travel. Lionel Messi resmi sudah...
Demi Lovato Sudah Buka Suara Terkait Kasus Overdos... Demi Lovato beberapa waktu lalu memang banyak diberitakan mengalami overdosis, bahkan harus mendapatkan pertolongan medis dan nyaris meregang nyawa da...
Beberapa Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah (... Memiliki jerawat merupakan hal yang menyebalkan. Belum lagi bekasnya sangat sulit hilang. Hal ini benar-benar mengganggu penampilan bukan? Segala ca...

One Comment

Comments are closed.