Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Riset Ini Katakan Kalau Makan Kacang Bisa Kurangi Penyakit Jantung

Riset Ini Katakan Kalau Makan Kacang Bisa Kurangi Penyakit Jantung

Kacang yang diteliti pada sebuah studi di ESC Congress 2019 adalah walnut, almond, dan pistachio tanpa garam. Makan kacang-kacangan dua kali seminggu juga punya risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah daripada yang makan hanya satu kali seminggu.⁠

Kacang-kacangan merupakan teman baik para pelaku diet. Mengganti camilan dengan kacang-kacangan —tentunya yang tidak digoreng– diduga ampuh membantu penurunan berat badan. Pasalnya, makanan sehat yang satu ini mengandung lemak yang baik untuk tubuh serta protein, vitamin, dan mineral.

Tak hanya itu, sebuah studi yang dipresentasikan di ESC Congress 2019 mengungkap bahwa makan kacang bisa menekan risiko kematian dari serangan jantung dan stroke. Bukan kacang goreng, ya! Para peneliti menggunakan walnut, almond, dan pistachio tanpa garam. Peneliti melibatkan 5.432 orang berusia 35 tahun ke atas.

Kesehatan mereka dipantau sejak 2001 dengan kuisoner tentang frekuensi makanan juga. Mereka juga diwawancara setiap dua bulan sekali untuk memantau apakah ada masalah di sistem kardiovaskular.

Mereka yang makan kacang-kacangan ini dua kali seminggu, mengalami pengurangan resiko kematian akibat penyakit kardiovaskular hingga 17 persen. Penelitian ini juga mengungkap bahwa yang makan kacang-kacangan dua kali seminggu punya resiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah daripada yang makan hanya satu kali seminggu.

Dilansir Independent, Dr Noushin Mohammadifard dari Isfahan Cardiovascular Research Institute, Iran mengungkap bahwa kacang merupakan sumber lemak tak jenuh, protein, mineral, vitamin, serat, fitosterol dan polifenol yang baik untuk kesehatan jantung. “Kacang sebaiknya dikonsumsi mentah, dalam keadaan segar. Pasalnya, lemak tak jenuh bisa teroksidasi dan membuatnya jadi berbahaya,” jelasnya.

Lebih jauh, Society of Cardiology memasukkan konsumsi 30 gram kacang-kacangan unsalted per hari dalam kategori diet sehat. Jadi, porsi ini bisa jadi acuan kamu untuk yang ingin mengganti camilan dengan kacang-kacangan.

Tiap jenis kacang sejatinya punya kandungan lemak yang berbeda. Tapi, tak perlu khawatir. Hampir seluruh bagian kacang terdiri dari lemak sehat. Bahkan, jenis lemak ini bisa membantu menurunkan kolesterol tubuh.

Selain itu, tubuh kita juga sebenarnya tak menyerap semua kadar lemak tersebut. Hanya nutrisinya saja yang diambil oleh tubuh. Pasalnya, kadar lemak kacang tersimpan dalam dinding selnya. Ini membuatnya tak mudah hancur saat dicerna tubuh. Sebagian besar lemak pun hanya numpang lewat dan terbuang melalui feses.