Thursday, October 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Rekomendasi Para Ahli : Waktu Ideal Menggosok Gigi

Rekomendasi Para Ahli : Waktu Ideal Menggosok Gigi

Masalah gigi memang sering timbul karena Anda tidak mengikuti anjuran menggosok gigi yang tepat dari dokter gigi, ada baiknya menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Ini sudah bisa menjaga gigi agar tidak terkena kuman dan berlubang, tetapi apa yang terjadi banyak orang mengalami sakit gigi karena salah menggosok gigi.

Sebenarnya sudah ada anjuran untuk menggosok gigi dengan baik dan benar, ini akan membuat gigi tumbuh dengan baik, kuat dan sehat. Bukan hanya kapan waktunya menggosok gigi, namun berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menggosok gigi.

Hal ini banyak diperdebatkan, ada yang merasa jika sudah menggosok gigi cukup lama namun masih mengalami masalah gigi, bahkan ada yang merasa mual karena menggosok gigi terlalu lama. Menurut survei, kebanyakan orang menggosok gigi kurang dari dua menit, bahkan hanya beberapa detik saja, apakah ini sudah menjangkau seluruh bagian gigi? Hal ini bahkan disesalkan oleh ahli gigi.

Pasalnya waktu ideal untuk menggosok gigi adalah 2 hingga 3 menit, ini tidak akan membuat mual asalkan tidak memberikan pasta gigi terlalu banyak, cukup ukuran biji jagung saja, melain itu jangan menggerakkan sikat gigi terlalu keras.

Baca juga: Faktor Penyebab Enamel Gigi Menjadi Keropos dan Rusak

Mengapa harus menggosok gigi minimal 2 hingga 3 menit? Karena dibutuhkan waktu untuk membersihkan gigi di bagian atas 1 hingga 2 menit, sedangkan q menit untuk menggosok gigi di bagian bawah. Kenapa di bagian atas lebih sulit, karena tidak mudah menjangkau seluruh bagian, sedangkan di bagian bawah lebih mudah.

Bahkan menurut para ahli, jika Anda menyikat gigi kurang dari 2 menit, maka bisa jadi ada sisa makanan yang akan menyebabkan plak. Masalah plak pada gigi bisa menyebabkan banyak penyakit serius, mulai dari pecah gigi, kotoran yang membatu hingga gigi lebih mudah mengalami pendarahan.

Menurut penelitian ahli gigi dalam International Journal of Dental Hygiene, sudah dilakukan penelitian pada semua peserta. Jika menggosok gigi kurang dari 2 menit maka bisa mengurangi bahkan mencegah terjadinya plak hingga 41 persen, sedangkan menggosok gigi kurang dari satu menit maka hanya bisa mencegah plak 20 persen saja.

Bagaimana dengan bau tak sedap yang keluar dari mulut, hal ini bukan hanya cukup dengan menggosok gigi. melainkan mulai perhatikan pola makan dan minum. Selain itu, ada baiknya untuk rutin kontrol ke dokter gigi, cukup 6 bulan sekali. Ini untuk melihat perkembangan gigi dan mencegah gigi berlubang dan membersihkan plak.

Related Post

10 Trik Seksual untuk Menghipnotis Pria di Atas Ra... Keberhasilan dalam membangun hubungan seksual merupakan salah satu kunci untuk mempertahankan keharmonisan rumah tangga, dan yang memegang peran uta...
Asam Lemak Omega 3 Baik Untuk Perkembangan Otak, I... Asam lemak omega 3 memang paling banyak terdapat pada ikan yang hidup di laut, sehingga jangan heran agar anak tumbuh cerdas lebih banyak berikan maka...
Buah Plum Ternyata Memilih Banyak Manfaat, Kenali ... Buah plum atau banyak dikenal dengan buah prem memang tidak banyak tumbuh subur di Indonesia, namun buah ini banyak diminati karena rasanya cukup enak...
Panci Rise Cooker Lengket Dan Bau, Ini Cara Mudah ... Panci rise cooker memang sebaiknya dicuci setelah digunakan, namun karena terlalu sering menanak nasi dalam mesin pengubah beras tersebut, maka akan s...