Monday, August 26Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Rekomendasi Masjid Yang Nyaman Untuk Iktikaf Bareng Keluarga

Rekomendasi Masjid Yang Nyaman Untuk Iktikaf Bareng Keluarga

Sebentar lagi masuk 10 hari terakhir Ramadhan. Ada beberapa rekomendasi masjid yang cukup nyaman untuk melakukan iktikaf bareng keluarga. Di mana saja itu? Iktikaf dilakukan seseorang dengan cara berdiam diri di dalam masjid dalam rangka mencari rida Allah. Iktikaf dilakukan memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Lalu di masjid mana saja yang dapat melakukan iktikaf dengan nyaman? Berikut rekomendasi masjid yang bisa kamu pilih:

  1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal memang dapat menampung banyak jemaah sehingga membuat nyaman dan leluasa. Masjid ini pun berada di daerah yang cukup strategis yaitu di Sawah Besar, Jakarta Pusat. Selain karena masjid ini memang luas yang bisa membuat nyaman. Di sana juga tersedia kudapan untuk berbuka puasa dan sahur secara gratis. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan lebih fokus beribadah.

  1. Masjid Sunda Kelapa

Masjid Sunda Kelapa tidak seluas Masjid Istiqlal, namun di sana kamu juga akan merasakan kenyamanan saat beriktikaf di masjid ini. Udaranya yang cukup sejuk dan jumlah toiletnya yang banyak menjadi nilai plus untuk masjid ini. Agenda beriktikaf di masjid ini dimulai dari salat Tarawih dan ceramah, kemudian dilanjutkan dengan tadarus Alquran, qiyamullail, muhasabah, dan ditutup dengan sahur bersama.

  1. Masjid Jogokariyan

Masjid Jogokariyan merupakan masjid yang berada di Yogyakarta. Masjid ini diketahui membuka pendaftaran untuk yang ingin melakukan iktikaf di sana. Panitia menyiapkan aula tempat menginap, makan buka dan sahur, materi kajian, buah, camilan kecil, dan masih banyak yang lainnya. Pendaftaran dapat dilakukan dengan cara online yaitu memberikan fotokopi KTP dan uang pendaftaran. Masjid ini juga membatasi kuota yang bisa mengikuti kegiatan iktikaf. Peserta pria dibatasi mencapai 100 orang sedangkan wanita hanya 50 orang.

  1. Masjid An-Nahl

Masjid An-Nahl diketahui berada di kompleks The Icon BSD City, Tangerang. Masjid ini biasanya selalu membuka kegiatan iktikaf selama satu bulan penuh selama Ramadhan. Terdapat beberapa kegiatan didalamnya di antaranya tarawih berjemaah, tahajud, bimbingan belajar Alquran, serta kajian tafsir ayat-ayat Alquran. Masjid An-Nahl pun menyediakan fasilitas yang cukup mumpuni. Yaitu ruangan yang ber-AC, lingkungan yang bersih, makanan sahur, berbuka puasa gratis, akses Wi-Fi 24 jam dan juga laundry gratis. Bagi anda yang ingin menjalani iktikaf di kawasan Tangerang ini bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

  1. Masjid Al-Akbar

Masjid Al-Akbar di Surabaya ini biasanya selalu dipenuhi jemaah yang ingin beriktikaf. Masjid ini pun dapat menampung lebih dari 40 orang yang ingin beriktikaf. Pihak Masjid Al-Akbar juga mempersiapkan saf tambahan di lantai 2, yang biasanya digunakan sebagai ruangan serbaguna. Di sana juga disiapkan jalur khusus untuk disabilitas dan kursi untuk lansia agar dapat menjalankan ibadah.

  1. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung diketahui terletak di pusat kota sehingga sangat strategis untuk didatangi jemaah untuk melakukan iktikaf. Panitia masjid juga menyiapkan makanan sahur untuk jemaah. Masjid ini juga sudah rutin menyiapkan kegiatan iktikaf pada bulan Ramadhan. Ribuan orang biasanya selalu memadati masjid ini untuk beribadah pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.