Thursday, July 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ratna Sarumpaet Mengatakan Saya Adalah Pencipta Hoax Terbaik Tahun Ini

Ratna Sarumpaet Mengatakan Saya Adalah Pencipta Hoax Terbaik Tahun Ini

Lagi-lagi drama lenong terjadi di peta perpolitikan Indonesia. Entah apa maksud dan tujuannya, yang jelas apa yang dilakukan wanita bernama Ratna Sarumpaet hampir tidak bisa diterima oleh akal sehat banyak kaum intelektual. Jika Ratna adalah seorang publik figur atau artis ibukota, mungkin kita semua bisa memakluminya, namun sejauh ini kita kenal Ratna sebagai seniman yang juga aktivis organisasi sosial. Namun apa yang dilakukannya membuat kita berpikir, apakah memang peta perpolitikan sekarang ini memang sudah layak dikatakan lenong milenial.

Wanita berusia 70 tahun ini belakangan ini mengaku telah menjadi korban pengeroyokan dari tiga orang tidak dikenal di Bandara Husein Sastranegara. Setelah itu ia dilarikan ke rumah sakit dan mengaku kalau kejadian itu terjadi pada tanggal 21 September. Klaim Ratna ini juga telah didukung oleh Prabowo dan juga Amien Rais. Namun belakangan Polda Jabar memberikan keterangan terkait laporan Ratna Sarumpaet. Pertama Polisi tidak menemukan jejak penganiayaan di bandara, lalu juga tak ada pasien atas nama Ratna Sarumpaet di 23 Rumah Sakit di Bandung. Data pada telepon Ratna juga menunjukkan kalau ia berada di Jakarta pada tanggal 20-24 September yang ternyata di tanggal 21-24 September ia melakukan operasi plastik di Rumah Sakit Bina Estetika.

Namun pada hari Rabu sore, Ratna Sarumpaet muncul terkait penganiayaan yang ia sampaikan beberapa waktu lalu. Pada kesempatan itu Ratna mengakui kalau ia memang berbohong terkait masalah penganiayaan yang ia terima. Penganiayaan itu sama sekali tidak ada dan yang ia lakukan selama ini hanyalah sebuah kebohongan. Sambil menangis, Ratna yang juga anggota Timses Prabowo itu menyebut apa yang  telah dilakukannya adalah sebuah kebodohan dan meminta maaf kepada semua pihak akibat sikapnya tersebut. Di kesempatan tersebut, Ratna bahkan sempat mengatakan jika dirinya adalah pencipta hoax terbaik yang menghebohkan sebuah negeri.

Jadi setelah Kepolisian menemukan kejanggalan pada laporan Ratna dan penyelidikan membuktikan bahwa ia kemungkinan berbohong maka barulah Ratna mau mengakui semua itu. Benar-benar memalukan apa yang telah dilakukan oleh seorang yang katanya kaum intelektual. Spontan pengakuan Ratna ini langsung direspon oleh Tompi, Maruf Amin dan juga Prabowo yang mengatakan pada Rabu malam silahkan jika Polisi akan memproses hukum Ratna Sarumpaet yang berarti Ratna akan keluar dari anggota Timses Prabowo-Sandiaga Uno.