Monday, November 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Rasi Saturnus dan Bulan Stroberi Akan Menyapa Malam Ini

Nanti malam jangan tidur terlalu cepat, karena ada fenomena rasi saturnus dan bulan stroberi. Hal ini karena terjadi penampakan langit yang sangat cantik, bahkan terjadi saat bulan purnama. Sehingga bisa dinikmati dengan mata telanjang, langit malam Rabu (27/06/2018) akan terlihat sangat unik dan sayang untuk dilewatkan.

Tentu saja setiap bulan purnama akan terasa spesial, namun kali ini bersamaan dengan munculnya bulan stroberi dan planet saturnus berada di posisi terdekat dengan bumi. Sehingga memperlihatkan pantulan indah cahaya di malam hari.

Jika biasanya bulan purnama terlihat sangat besar, nanti malam Anda akan melihat bulan lebih kecil dari biasanya, namun muncul warna kemerah-merahan. Hal ini karena kini posisi bulan berada dalam jarak terjauh dengan bumi, memang tetap terlihat sempurna namun terlihat lebih kecil, tidak seperti ukuran sebelumnya.

Baca juga : nasa mulai berburu alien kembali ekspedisi bawah laut segera di mulai

Kenapa bisa bulan purnama berwarna kemerahan, hal ini karena atmosfer bumi dapat menyaring semua warna yang berada dalam spektrum, kecuali merah dan hijau. Itulah kenapa, bulan purnama kali ini akan terlihat lebih kemerahan dan lebih kecil.

Mengapa dinamakan stroberi, hal ini didapatkan dari Algonquin dari Amerika Serikat bagian utama, bahkan tidak ada hubungannya dengan penampilan Bulan sekarang ini. Nama tersebut bahkan diberikan karena peristiwa serupa terjadi saat sedang panen buah strawberry, bahkan penamaan ini hanya digunakan untuk tanda jika buah sudah siap untuk di panen.

Malam ini, rasi Saturnus juga berada di posisi yang berlawan dengan matahari, dimana Bumi akan berada di tengah Saturnus dan matahari, bahkan hingga membentuk garis lurus. Sebuah fenomena langka yang bahkan hanya terjadi jutaan tahun sekali.

Saturnus akan terlihat mulai dari langit di bagian tenggara saat matahari terbenam, setelah itu akan terlihat kembali keesokan harinya, bahkan pada tengah malam ketinggian akan mencapai posisi Bulan. Ini akan jadi waktu yang tepat untuk menyaksikan dengan mata kepala sendiri, bahkan menurut observarium Griffith yang bermarkas di Los Angeles. Ini sebuah fenomena normal, dimana saturnus akan mengeluarkan cahaya lebih terang selama satu minggu.

Jika ingin menikmati fenomena langka tersebut, memang tidak bisa terlihat dengan mata telanjang. Namun tetap bisa melihat bulat terlihat kemerahan, namun jika ingin melihat sejajarnya rasi saturnus. Disarankan untuk menggunakan teleskop ukuran sedang atau bisa juga menggunakan binocular. Jangan khawatir Anda bisa mulai mencari rasi saturnus dan bulan stroberi mulai selama malam hingga kamis pagi.

Related Post

Atasi Lipatan Lemak Di Perut Dengan Cepat, Aman da... Atasi lipatan lemak dengan tindakan medis memang menyakitkan dan tidak banyak disarankan, karena ini memang tindakan instan yang banyak diinginkan, na...
Berikut Penjelasan Orang yang Paling Bertanggung J... Selain perhelatan Asian Games yang sedang berlangsung di bulan agustus ini tentunya kita juga sedang merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-73...
10 Atlet Wanita Terseksi Mereka tidak hanya memukau dengan prestasinya, tapi juga memukau karena kecantikan wajah dan keindahan tubuhnya. Karena itu, jika ada laki-laki yang b...
Rekomendasi Hidangan Manis dari Seluruh Dunia Untu... Jelang hari raya, Anda tentu sudah mulai memikirkan menu makanan yang akan dihidangkan pada tamu, apalagi jika yang datang nantinya tamu spesial. Suda...

2 Comments

Comments are closed.