Thursday, September 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Rambut Sehat Meski Sering Ganti Warna, Ini Cara Perawatan yang Tepat

Rambut sehat tentu jadi dambaan banyak orang, apalagi untuk wanita yang memiliki rambut panjang dan lebat, sehingga bisa dibentuk sesuai keinginan. Bahkan kini sedang trend memberikan warna yang berbeda, bahkan kebanyakan memilih warna pirang. Memang boleh saja mewarnai rambut, namun hati-hati penggunaan bahan kimia tambahan bisa menimbulkan efek samping lainnya.

Misalkan kulit kepala ternyata sensitif, ini bisa menyebabkan gatal, rambut rontok, timbulnya jerawat hingga rambut tidak sehat. Tetapi Anda merasa lebih percaya diri dengan menggunakan rambut berwarna, bagaimana cara mengatasinya. Ternyata ini ada cara sehat untuk mewarnai rambut tanpa menimbulkan efek negatif.

3 Cara Mudah Memastikan Rambut Sehat Sekalipun Diwarnai

  1. Pastikan Kondisi Rambut Hingga Kulit Kepala

    Ini akan jadi hal utama sebelum memutuskan mewarnai rambut, Anda harus mengecek secara menyeluruh kondisi rambut hingga kulit kepala. Apakah dalam kondisi sehat dan siap diwarnai, jika rambut sudah tipis dan sering kali rontok, ada baiknya tidak diwarnai karena kondisi rambut akan semakin buruk.

    Jika rambut sehat, maka bisa melakukan pewarnaan rambut. Bahkan salon kecantikan akan menyarankan untuk melakukan perawatan rambut hingga kulit kepala dahulu, bertujuan memberikan keseimbangan sehingga tidak akan menimbulkan efek samping lainnya setelah pewarnaan rambut dilakukan.

    Baca juga : Rambut Lebih Tebal Gunakan 5 Ramuan Tradisional Berbahan Alami

  2. Jangan Paksakan Mengecat Rambut

    Jika memang kondisi rambut atau kulit kepala tidak bagus, ada baiknya tidak dipastikan. Apalagi menggunakan pewarna rambut permanen, dimana akan mengoleskan hingga permukaan kulit. Akibatnya efek samping bisa terjadi banyak hal, bahkan wajah terasa lebih gatal karena pewarna menyerap hingga kulit dengan masuk ke pori-pori.

    Anda tetap bisa melakukan pewarnaan rambut, namun sebaiknya dilakukan perawatan rambut terlebih dahulu. Setelah itu tunggu minimal dua minggu, ini bertujuan membuat akar rambut lebih kuat sehingga rambut siap untuk menerima zat kimia lainnya. Bahkan biasanya akan terasa gatal setelah pewarnaan dilakukan.

  3. Pastikan Cat Rambut Aman dan Cocok

    Anda harus mencocokkan jenis kulit kepala dan rambut dengan produk pewarna yang digunakan, jika sudah pernah melakukan sebelumnya, kenapa tidak memilih merk yang sama. Sehingga mengurangi timbulkan efek samping negatif, tambahan bahan khusus akan membuat Anda merasa aneh dan membuat kerontokan rambut.

Nah ternyata tidak sulit untuk membuat rambut sehat sekalipun dalam kondisi diwarnai, hal yang Anda harus perhatikan bukan hanya rambut namun hingga kulit kepala. Mewarnai rambut memang tidak disarankan usia 40 tahun ke atas, karena bisa menyebabkan efek samping lainnya, pasalnya hormon penyubur rambut sudah tidak lagi berproduksi seperti dahulu.

One Comment

Comments are closed.