Tuesday, September 29Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Rambut Rontok Lebih Banyak Saat Cuaca Panas, Kenali Penyebabnya

Rambut rontok memang bukan jadi hal baru lagi, namun jika rambut jadi rontok lebih dari normal, ini bukan hal yang bisa dibiarkan begitu saja. Pasalnya saat cuaca panas rambut akan mudah rontok tanpa penyebab yang jelas, padahal Anda sudah melakukan perawatan rambut dan memberikan vitamin rambut untuk memberikan nutrisi tambahan.

Anda tidak perlu khawatir, ini juga terjadi pada semua orang. Apalagi jika memiliki kulit kepala yang cenderung sensitif, sehingga mudah rontok, padahal tidak melakukan hal kasar pada rambut. Anda harus tahu penyebabnya, untuk bisa mengatasi dengan tepat sebelum terlambat dan menjadi sebuah kebotakan.

4 Penyebab Utama Rambut Rontok Saat CuacaPanas

  1. Sinar Matahari Terlalu Berlimpah

    Anda lebih sering berada di luar ruangan setiap harinya, saat cuaca panas sebaiknya hindari kontak langsung. Jika memang tidak memungkinkan, pastikan rambut dalam kondisi sehat dan gunakan penutup kepala. Jangan sampai rambut terkena sinar matahari langsung terlalu lama, selain itu mengubah warna rambut, ini akan membuat nutrisi rambut hilang dan mudah rapuh.

  2. Berenang Di Siang Hari

    Memang paling enak berada di dalam air saat cuaca panas, namun ini akan membuat kulit menghitam lebih cepat. Bukan itu saja, saat Anda memutuskan untuk berenang di siang hari. Zat kloril yang ada di kolam renang yang biasanya digunakan untuk membersihkan air, akan merusak rambut. Maka dari itu, pastikan rambut sudah dibungkus dengan baik dan tidak terkena air kolam renang terlalu banyak. Ini dapat mengurangi rambut rontok saat bilas atau mandi setelah selesai berenang.

    Baca juga : Keramas Idealnya Seminggu, Berapa Kali Ini Saran Dari Dokter

  3. Kulit Kepala Berketombe

    Ketombe yang ada di kulit kepala bukan hanya memberikan gangguan menjadi lebih gatal, namun juga menyerap nutrisi dan vitamin untuk rambut. Sehingga rambut rentan dan mudah rontok, hal ini bukan sesuatu yang baru lagi. Anda harus mengatasi ketombe terlebih dahulu sebelum memberikan nutrisi penguat rambut.

    Caranya, gunakan shampo anti ketombe, jika bisa jangan digunakan bersamaan dengan orang lain, sekalipun keluarga. Selain itu, coba gunakan sisir sendiri dan tidur dengan bantal Anda sendiri. Dimana ketombe bisa menular dari sisir dan bantal yang terdapat sisa ketombe, ini hal yang sangat tidak menyenangkan bukan.

  4. Cobalah Untuk Menyisir Rambut Pelan-Pelan

    Jangan pernah memaksakan sesuatu, hasilnya tentu saja buruk. Hal ini terjadi saat Anda menyisir rambut, jika memang sudah terlalu siang dan tidak sempat untuk menyisir rambut. Lakukan dengan pelan dan jangan dipaksakan, ini jadi penyebab utama rambut rontok. Pasalnya rambut Anda tidak memiliki nutrisi yang cukup, sehingga mudah rontok.

    Selain itu, gunakan sisir yang sesuai jenis rambut. Misalkan rambut keriting dan lebat, gunakan sisir berbentuk lingkaran yang terdapat sisir menonjol di atas. Ini akan membuat rambut lebih mudah di rapikan, selain itu pastikan sisir tidak terlalu keras dan gunakan dari bahan yang empuk saja dan mudah di rapikan.

Selain itu, ada satu hal lagi yang membuat rambut rontok lebih cepat di cuaca panas, berada di ruangan ber AC terlalu lama. Saat Anda keluar ruangan, maka akan terjadi perubahan suhu yang cukup ekstrem, apalagi langsung terkena sinar matahari. Ini akan membuat rambut cepat rusak dan kusut, sehingga mudah patah.