Tuesday, June 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Rambut Kehujanan Menyebabkan Kerontokan, Ini Cara Mencegahnya

Rambut kehujanan tentu akan menimbulkan banyak efek samping, selain pusing banyak orang merasakan rambut akan rontok lebih banyak dari biasanya. Namun Anda akan sulit mengelak jika sedang berjalan dan tiba-tiba turun hujan dengan derasnya, tentu tidak akan sempat untuk mencari tempat berteduh. Bahkan ada yang langsung main hujan-hujanan, ini memang tindakan anak kecil namun memberikan dampak besar.

Namun perlu Anda ketahui, air hujan itu murni dan rasanya lebih asin karena hasil menguapan dari air laut. Sudah jelas ini tidak hanya membuat efek pusing, namun juga bisa merusak rambut, salah satunya dengan rambut rontok tidak terkendali. Ini karena kandungan asam yang cukup tinggi, apalagi jika hujan pertama di musim hujan.

Ada baiknya jika memang Anda merindukan masa kecil dengan main hujan, gunakan penutup kepala. Sehingga rambut dan kepala tidak akan kena dampak langsung, namun hujan-hujanan tanpa basah secara keseluruhan tentu tidak akan seru. Tenang saja, ada beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok karena basah terkena air hujan.

4 Langkah Penyelamatan Rambut Kehujanan Agar Tidak Rusak

  1. Langsung Keramas

    Setelah sampai di rumah atau tempat berteduh, ada baiknya agak mengeringkan rambut sehingga air hujan tidak akan menetes dari sela-sela rambut. Setelah itu mandi dan keramas. Ini akan menghilangkan kandungan asam dari air hujan, selain itu bisa membersihkan tubuh secara menyeluruh. Meskipun menggunakan air dingin, namun keramas akan menghangatkan tubuh.

    Baca juga : Mandi Air Dingin Setiap Hari, Ternyata Banyak Manfaat Untuk Kecantikan

  2. Tambahan Konditioner

    Bukan hanya menggunakan shampo, Anda harus menambahkan perlindungan ekstra agar rambut tidak terlalu kusut dan sulit di rapikan dengan sisir nantinya. Usapkan konditioner pada ujung rambut hingga akar, ini akan membuat rambut menjadi lebih lembut dan wangi. Selain itu dapat menjaga kelembapan rambut dan tidak mudah patah nantinya.

  3. Langsung Mengeringkan Rambut

    Tidak berhenti di rumah, namun harus ada di tempat umum. Anda harus segera mengeringkan rambut kehujanan tersebut, karena jika tidak akan lepek dan sulit untuk di rapikan nantinya. Ini akan membuat Anda menarik rambut sangat keras, bahkan ada beberapa batang rambut tercabut hingga akarnya, sangking kuatnya.

  4. Berikan Tambahan Vitamin Rambut

    Setelah bisa mengeringkan rambut, menghilangkan asam dengan shampo dan melembutkan dengan konditioner. Masih ada satu langkah lagi, yaitu memberikan vitamin rambut. Ini akan memelihara rambut lebih kuat, hitam dan lebat. Jika bisa berikan vitamin hingga akar, sehingga menjadi lebih kuat dan merangsang tumbuh rambut lebih baik.

Jadi jangan hanya berpikiran jika main hujan-hujanan akan menyebabkan pilek dan batuk saja. Rambut kehujanan dan tidak segera dikeringkan akan menjadi sangat kaku dan sulit ditata kembali, akibatnya Anda akan menariknya dengan kasar. Ini akan menyebabkan kerontokan hingga berakibat kebotakan jika menariknya terlalu kuat.

2 Comments

Comments are closed.