Saturday, February 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Prediksi 5 Tren Teknologi 2017 Yang Akan Mengubah Dunia

Hai para pembaca ulasandunia.com, bagaimana kabarnya? Sembari menikmati akhir minggu, yuk simak ulasan yang mimin sediakan.

Tahun 2016 lalu merupakan tahun yang banyak orang ingin lupakan. Mulai dari beredarnya banyak berita buruk yang tiada henti, termasuk berita hoax, berita penyebar kebencian hingga pemilihan yang berlanjut demonstrasi, dunia teknologi juga tak ketinggalan. Tahun lalu, banyak terobosan teknologi yang merubah cara kita hidup, bekerja hingga bermain, salah satunya teknologi Virtual Reality (VR) yang kembali populer. Asisten virtual juga tidak hanya tersedia di handphone tapi juga mulai merambah ke rumah, dan kemungkinan di masa mendatang menjadi teknologi yang lebih massal dan umum.

Jadi, apa yang kita harapkan di tahun mendatang? Ada banyak tren teknologi yang mimin perhatikan akan mengubah dunia di tahun 2017 ini, berikut 5 teknologi yang patut kamu perhatikan.

  1. Internet of Things

    Secara konsep, Internet of Thing (IoT) merupakan teknologi yang menghubungkan semua alat (tidak hanya smarthphone saja) ke internet, termasuk mobil, mesin produksi, peralatan elektronik hingga wearables (peralatan elektronik yang dapat dikenakan).
    Beberapa contoh nyata dari “wearable” yang sudah dipasarkan di dunia adalah: Samsung Smart Watch, Google Glass, Google Nest, dan Nike Fit . Tidak hanya wearables, Samsung juga mulai merambah dan mengembangkan teknologi IOT di bidang consumer appliances seperti : Smart Air Conditioner, Smart TV, Smart Refrigerator.
    Berdasarkan prediksi perusahaan IT terkenal Cisco, pada tahun 2020, akan ada 50 milyar alat-alat yang terhubung dengan Internet, termasuk 400 juta alat-alat tersebut adalah perangkat dalam kategori wearables. Maka bersiaplah untuk menyaksikan dan merasakan “new user experience” menggunakan perangkat berteknologi IOT dalam kehidupan anda.
  2. AI dan Automasi di mana-mana

    Teknologi automasi bukanlah hal yang baru bagi dunia bisnis, terutama dalam proses produksi dalam sebuah pabrik. Automasi customer service yang selama ini kita ketemui, di tahun mendatang akan menjadi lebih baik berkat kemampuan AI dan chatbot yang akan lebih mengerti keseluruhan konteks percakapan. Selain itu, teknologi automasi ini akan merambah juga ke industri makanan cepat saji (fast food) di mana diprediksi akan banyak bermunculan kios makanan saji sendiri, seperti yang telah dilakukan McDonald di video youtube ini. Sebagai informasi tambahan, Amazon juga bakal menerapkan pengiriman barang melalui automasi drone dalam skala yang lebih besar akhir tahun ini.
  3. Makanan sintetis

    Populasi dunia yang semakin bertambah hingga keterbatasan sumber daya alam hingga iklim yang berubah ekstrem, membuat para ilmuwan mencari cara untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dunia. Salah satu contohnya, Solyent. Tersedia dalam bentuk minuman, bubuk hingga batangan, diklaim sebagai makanan yang memiliki segala nutrisi yang dibutuhkan orang kebanyakan. Meskipun demikian, penyajiannya belum termasuk menggunggah selera. Terdapat sekelompok ilmuwan yang sedang mengusahakan makanan sintetis, seperti Beyond Meat, sebuah perusahaan yang baru-baru ini memperkenalkan produk daging burger yang terbuat dari protein kacang, ragi, bit dan minyak kelapa. Perusahaan yang lain yang memperkenalkan juga burger sayur adalah Impossible Foods.
  4. Augmented Reality

    Jika kamu tahu Google Glass, yah mereka menerapkan teknologi yang disebut Augment Reality (AR). Sayangnya, produk Google tersebut sempat tenar, diperbincangkan namun tidak begitu terdengar lagi saat ini. Pada dasarnya, teknologi AR ini adalah menampilkan objek dan informasi virtual di dunia nyata lewat sebuah layar, dalam hal ini bisa Google Glass atau smartphone. Tahukah kamu, game Pokemon Go yang sangat fenomenal tahun lalu merupakan penerapan AR yang paling berhasil.
    Ke depan, mesin pencari akan merambah ke pencarian berdasarkan foto yang dapat kamu ambil melalui kamera, dan informasi terkait akan muncul otomatis.
  5. 3D Printer Rumahan

    Meskipun 3D printer skala rumahan sudah beredar di pasaran selama sekitar setengah dekade, harganya masih tidak terjangkau. Namun di tahun, semua akan berubah. Sekarang kamu sudah bisa menemukan 3D printer yang layak dengan harga sekitar $200-300 (sekitar Rp. 2,7-4 juta). Harga tersebut sekitar separuh dari harga tahun lalu.

Gimana guys tanggapan kamu? Beri komentar, dan share ke teman-teman kamu ya.

Leave a Reply