Sunday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Petugas Kebersihan Temukan “Harta Karun” Emas Batangan Senilai Rp 4,6 miliar di Tong Sampah

Tak terbayangkan bagaimana perasaan petugas bersih-bersih ini ketika menemukan emas batangan di sebuah tong sampah. Petugas yang tak diketahui namanya tersebut melaporkan pada polisi setempat telah menemukan “harta karun” di tempatnya bekerja, di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan. Disinyalir, harta karun berupa emas batangan tersebut bernilai hingga Rp 4,6 miliar rupiah. Hingga saat ini belum ditemukan siapa pemilik atau apakah emas batangan tersebut berkaitan dengan tindakan kriminal.

Disadur dari The Korea Times, seorang petugas kebersihan di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan melaporkan penemuan emas batangan pada 26 April 2018 lalu. Berdasarkan pemberitaan dari BBC (2/5/2018), petugas tersebut menemukan emas batangan ketika sedang mengosongkan tong sampah. Petugas kebersihan tersebut mengaku menemukan 7 batang emas batangan yang dibungkus dengan lembaran koran. Ia mengaku tak mengetahui pemilik atau pun melihat siapa pun disekitar tempat penemuan emas yang disebutnya sebagai “harta karun” tersebut.

7 batang emas dengan berat masing-masing 1 kg yang ditemukan dari tempat sampah tersebut disinyalir memiliki nilai sekitar US$ 330.000 (atau setara dengan Rp 4,6 miliar). Beberapa saat setelah ditemukan, ia pun langsung melaporkan penemuan batang emas tersebut kepada polisi yang bertugas. Polisi pun langsung mengamankan temuan tersebut dan melakukan penyelidikan mengenai adanya kaitan emas batangan dengan tindakan kriminal.

Berdasarkan pernyataan yang diberikan oleh polisi, ada kecurigaan bahwa emas batangan tersebut berhubungan dengan tindakan kriminal. Pelaku takut ketahuan kemudian membuang 7 batang emas dengan berat masing-masing 1 kilogram ke dalam tempat sampah. Disinyalir, pelaku akan kabur ke luar negeri mengingat lokasi penemuan berada di bandara internasional di Korea Selatan.

Meskipun sudah memiliki kecurigaan, polisi hingga sata ini belum mengungkap adanya kaitan tertentu antara penemuan emas 7 kg tersebut dengan tindakan kejahatan tersebut. Di sisi lain, petugas kebersihan masih merasa yakin bahwa 7 batang emas yang ia temukan merupakan sebuah harta karun. Meski ia sendiri tak ingin mengklaim emas batangan tersebut sebagai miliknya.

Hingga saat ini masih belum ada titik terang mengenai pemilikan dari 7 batang emas tersebut.