Saturday, July 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Perut Gatal Ketika Masa Kehamilan, Apakah Bayi Sedang Tumbuh Rambut ?

Perut gatal saat kehamilan banyak diartikan jika calon buah hati sedang dalam pertumbuhan rambut, hal ini memang masih menjadi mitos. Karena beberapa orang meyakini rasa gatal bukan karena janin sedang dalam proses pertumbuhan rambut, namun hal yang normal terjadi pada saat fase kehamilan, apalagi di trimester terakhir.

Ibu hamil memang sering kali mengalami perubahan kondisi, apalagi di masa awal kehamilan. Hormon yang berproduksi cukup besar, terlebih jika hamil pertama kalinya. Anda akan merasa terjadi banyak perubahan dalam tubuh, salahnya terasa gatal di bagian perut. Tenang saja, ini baru akan terjadi memasuki trimester kedua hingga pada trimester akhir.

Dimana perut akan semakin membesar, hal ini membuat kulit di sekitar perut menjadi tertarik. Sehingga menyebabkan peregangan di sekitar kulit, inilah yang menyebabkan perut gatal. Rasa gatal bukan hanya terasa di bagian perut, namun juga di sekitar kaki dan tangan yang mengalami perubahan bentuk menjadi lebih besar.

Sehingga terjawab bukan, ini merupakan mitos jika perut gatal saat hamil karena janin sedang dalam fase pertumbuhan rambut. Rasa gatal juga bisa timbul, jika kulit terasa kering. Bagaimana cara mengatasinya? Apakah boleh langsung di garuk begitu saja, apalagi ibu hamil sering kali lose control dalam hal tersebut.

Baca juga : Mitos Atau Fakta Hamil Muda Dilarang Berhubungan Intim

Anda harus bersabar dan mencoba tenang menghadapi rasa gatal di perut yang sering kali tidak terkendali, karena jika mengaruk terlalu kencang, ini akan menyebabkan terjadinya strechmarks atau garis-garis yang tampak setelah melahirkan nantinya.

Cara mengatasi perut gatal saat kehamilan, bisa mengoleskan lotion atau minyak yang harum, seperti minyak zaitun. Ini akan membuat permukaan kulit menjadi lebih lembab, selain itu hindari mandi terlalu sering sehingga kulit menjadi terasa lebih kering. Gunakan sabun dan lotion dengan ekstra pelembab, biasanya yang tidak terdapat bau menyengat.

Ini bisa mengurangi rasa gatal yang terkadang terasa berlebih, apalagi perut gatal. Hal tersebut akan terjadi sepanjang masa kehamilan, maka dari itu Anda harus sabar. Namun ada rasa gatal yang harus mendapatkan penanganan dokter.

Bisanya perut gatal yang disertai dengan gatal berlebih, hal ini karena mengalami penyakit kulit, Psoriosis dan Eczema. Bukan hanya gatal, namun juga disertai dengan mual dan mulai kehilangan nafsu makan. Padahal sudah melewati fase morning sickness. Jika hal ini sudah sangat parah, ada baiknya meminta saran pada dokter.

One Comment

Comments are closed.