Wednesday, November 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Pernikahan Adat Atau Nasional, Ini Pertimbangan Dari Segi Budget

Pernikahan adat memang banyak digunakan di beberapa daerah, namun kini banyak anak muda yang lebih memilih menggunakan pernikahan nasional. Dimana lebih cepat, mudah, elegan dan tidak memilih prosesi yang cukup panjang. Pernikahan memang harusnya menjadi penyatuan laki-laki dan wanita, namun sering kali keluarga besar dari keduanya ingin turut serta merayakan momen bahagia tersebut.

Sehingga sering kali muncul permasalahan, pernikahan akan menggunakan adat apa? Apalagi jika kedua calon pengantin datang dari suku yang berbeda, sehingga banyak memilih menggunakan pernikahan nasional saja. Ini tidak akan membuat salah satu pihak terbebani, bahkan semua orang modern lebih menyukai hal tersebut.

Namun jika melihat dari sisi budget, pernikahan adat menghabiskan dana yang lebih besar dari menggelar pesta pernikahan dengan konsep nasional. Hal ini bahkan dikemukakan oleh vendor penyelenggara pernikahan, kenapa bisa demikian? Karena membutuhkan banyak persiapan, adanya banyak prosesi dan mengikutsertakan banyak pihak lain.

Bahkan untuk pernikahan adat membutuhkan persiapan minimal 2 bulan sebelum hari H, anak muda sering kali tidak menyukai hal tersebut, karena terkesan lebih rumit dan mengulur waktu. Namun ini bisa memberikan kesan mendalam tentang makna pernikahan itu sendiri, bukan hanya ada banyak doa dan harapan yang diminta agar pasangan bisa langgeng hingga maut yang memisahkan.

Baca juga : Nightmare Before Married, Apakah Pernikahan Perlu Dilanjutkan ?

Selain itu, kenapa pernikahan adat cenderung mahal, karena hampir menggunakan semua barang asli, mulai dari bunga, pakaian hingga perhiasan. Ini memang menjadi hal pokok utama, sehingga jangan heran yang akan menggelar pernikahan tradisional dengan prosesi adat lengkap, biasanya orang kaya atau penguasa daerah.

Bahkan jika di total lagi, biaya untuk pernikahan adat mencapai 30 persen lebih besar dari pernikahan nasional. Ini belum termasuk, jika terjadi pembengkakan di hari H dan ada keinginan tambahan dari pihak keluarga atau pasangan pengantin itu sendiri. Selain itu, harga juga mengalami peningkatan setiap harinya.

Sedangkan untuk pernikahan nasional kenapa bisa jatuh lebih murah dari pernikahan dengan menggunakan adat tradisional. Apa yang persiapkan akan sama, dimana wanita menggunakan gaun panjang berwarna putih atau gading, sedangkan laki-laki menggunakan jas lengkap. Harganya tentu tidak akan mengalami perubahan, bahkan untuk pakaian penganti laki-laki sudah dimiliki sendiri tanpa harus membeli lagi.

Jadi, apa yang harus Anda persiapkan menjelang pernikahan? Mental dan kesiapan, ini yang tidak bisa di nilai dengan uang sehingga harus dipersiapkan dengan baik. Tentang nantinya akan menggelar pernikahan adat atau nasional, ini bisa menjadi pilihan tersendiri, ininya Anda akan merayakan penyatuan dua hati, pasangan dan dua keluarga besar.

Related Post

Tips Menghindari Berat Badan Naik Saat Liburan Ketika liburan datang, dapat membuat rencana olahraga dan makan sehat menjadi terganggu. Tetapi Anda dapat terus menjaga kesehatan dan menghindari ken...
Pesan Terakhir Kate Spade Untuk Putrinya Kemarin dunia fashion sempat heboh dengan berita kematian Kate Spade, bahkan saat ditemukan tidak bernyawa dengan cara bunuh diri. Hal yang memang ban...
Game of Thrones, Rajai Emmy Awards 2018 Dengan 22 ... Game of Thrones  memang terbukti sebagai drama series terlaris di dunia, pasalnya dalam ajang Emmy Awards 2018 mendapatkan nominal paling banyak dan d...
Minuman Terbusuk yang Sebabkan Bau Mulut Tak Sedap... Minuman terbusuk ternyata bukan campuran jus sayur dan buah, tetapi jenis minuman yang bisa Anda konsumsi setiap harinya. Secara tidak langsung ini ak...

One Comment

Comments are closed.