Sunday, September 27Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Perkiraan Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Untuk Kaum Milenial

Perkiraan Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Untuk Kaum Milenial

Saat ini makin banyak orang yang memilih untuk membeli tanah kavling. Dikarenakan saat tabungan sudah cukup, mereka bisa mendesain rumah sesuai keinginan, termasuk membuatnya jadi bertingkat. Tapi, tahu atau tidak berapa biaya bangun rumah 2 lantai saat ini? Sebenarnya, biaya bangun rumah 2 lantai dapat dihitung dalam beberapa cara. Jumlahnya juga berbeda-beda karena tergantung luas rumah.

Cara menghitung biaya pembangunan rumah minimalis 2 lantai misalkan dengan mengetahui perhitungan kasarnya secara umum terlebih dahulu. Informasi ini bisa didapatkan dari orang yang sebelumnya membangun rumah atau dari tukang kenalan. Ada pula yang berpendapat, kira-kira besaran biaya yang perlu kamu persiapkan dihitung berdasarkan luas bangunannya

  • Luas bangunan 100 m² diperkirakan Rp300 juta – Rp350 juta.
  • Luas bangunan 101- 300 m² diperkirakan Rp325 juta – Rp375 juta.
  • Luas bangunan 301 m² diperkirakan Rp350 juta – Rp400 juta.

Ini masih biaya perkiraan secara umum namun yang jelas, semakin kecil luas bangunan yang akan kamu buat maka semakin murah pula biaya yang harus kemu keluarkan. Jadi, sebelum kamu mau menghitung biayanya, tentukan dahulu tipe rumah yang diinginkan.

Ada beberapa elemen yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan sebelumnya:

  • Merinci daftar harga material bangunan serta upah tukang.
  • Membuat denah rumah 2 lantai minimalis yang diinginkan.
  • Berdasarkan luas bangunan, buatlah rincian material yang diperlukan.
  • Membuat flow kerja dari pembangunan rumah 2 lantai.
  • Memastikan jumlah harga secara keseluruhan.

Setelah melakukan persiapan di atas, yang harus disiapkan lagi kira-kira perhitungan mengenai pondasi, struktur, dinding lantai 1 dan 2, rangka atap, plafon, atap, instalasi listrik dan air, dan finishing berupa pengecatan. Setelah mengetahui harga-harganya, kamu tinggal mengalikan jumlah material yang dibutuhkan. Biaya membangun rumah 2 lantai akhirnya bisa kamu dapatkan dan dijadikan sebagai acuan.

Selain cara di atas, kamu pun bisa memperkirakan secara kasar biaya membangun rumah 2 lantai dari harga per meter persegi. Pertama  berapa besarnya harga tanah di sekitar lingkungan tempatmu membangun rumah. Contohnya, budget yang dibutuhkan membangun rumah per meter persegi yaitu 6 juta rupiah. Kamu ingin membuat rumah 2 lantai minimalis dengan ukuran 60 m² di bagian bawah dan 40 m² di bagian atas, maka jumlah luas bangunan rumah berarti 100 m²

Lalu kalikan budget 6 juta rupiah tadi dengan luas bangunan 100 m persegi. Yang berarti biaya yang perlu kamu keluarkan adalah sekitar 600 juta rupiah. Setelah kalian mengetahui biaya pembangunan rumah, tambahkan dengan biaya-biaya lain yang sudah kamu rinci sebelumnya.