Wednesday, October 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Peringatan Untuk Jakarta, Kota Besar di Thailand Ini Terancam Hilang Beberapa Tahun Lagi

Peringatan Untuk Jakarta, Kota Besar di Thailand Ini Terancam Hilang Beberapa Tahun Lagi

Para pakar baru-baru ini mengeluarkan peringatan untuk ibukota Thailand yang mana diprediksi akan tenggelam dalam waktu kira-kira 10 tahun ke depan dari sekarang. Hal itu berdasarkan pada fakta bahwa kota Bangkok tenggelam dengan kecepatan sampai dua sentimeter per tahunnya.

Hal mengenai kemungkinan tenggelamnya kota Bangkok diumumkan oleh para pakar yang hadir pada Pertemuan persiapan tentang iklim yang dihelat di Polandia. Pertemuan ini bertujuan untuk menetapkan peraturan baru guna mengurangi emisi gas rumah kaca dan bagaimana memberikan bantuan pada negara-negara yang rentan dengan naiknya permukaan air laut.

Dikatakan bahwa Bangkok saat ini sedang tenggelam dalam kecepatan satu sampai dua sentimeter per tahun dan ada kemungkinan pula kalau Bangkok akan dilanda oleh banjir hebat dalam waktu dekat menurut keterangan Tara Buakmasri dari Greenpeace. Bahkan laporan Bank Dunia saja menyebut bahwa hampir 40 persen kota Bangkok akan terendam air pada 2030 karena curah hujan ekstrem dan perubahan pola cuaca pada masa yang akan datang.

Padahal Bangkok sedang dalam persiapan untuk menjadi tuan rumah Konferensi perubahan iklim. Meningkatnya suhu serta pola cuaca yang sedang tidak normal karena adanya angin topan yang cukup sering, curah hujan yang tidak bisa diperkirakan juga musim kering dan musim hujan akan mengakibatkan banjir semakin besar. Pertemuan puncak untuk melaksanakan perjanjian iklim yang dicapai di Paris pada tiga tahun lalu semakin mendesak.

Bangkok yang memang dibangun di atas tanah yang hanya satu setengah meter di atas permukaan laut itu pun dipercaya akan menjadi salah satu korban dari perubahan iklim selain Jakarta dan Manila. Permukaan laut di Teluk Thailand naik 4 sentimeter per tahun di atas kenaikan rata-rata global dan sebagian kota kini telah berada di bawah permukaan laut.

Pada tahun 2011 terjadi banjir besar yang melanda Thailand dan Bangkok menjadi yang terparah. Total bencana ini mencapai 500 korban tewas dan menimbulkan kerugian besar. Pembangunan gedung-gedung bertingkat tinggi tentunya memiliki andil dalam membawa Bangkok ke dalam bencana ini. Namun apa yang  dialami Bangkok juga akan dialami oleh Jakarta karena kedua kota sama-sama berada di bawah permukaan air laut dan akan menjadi korban dari pembangunan kota itu sendiri.

Related Post

Diet Udara, Cara Baru Turukan Berat Badan Yang Ane... Diet udara adalah cara baru untuk mengurangi berat badan dengan cepat, bahkan tanpa perlu membuat program apapun hanya perlu menghirup udara. Ini cara...
Kue Pernikahan Diana dan Kate Middleton Paling Dim... Kue pernikahan diawetkan menjadi sebuah kebiasaan dalam tersendiri bagi warga Inggris, hal ini juga dilakukan oleh keluarga kerajaan Inggris. Dimana d...
Kamu Mau Nonton The Nun, Baca Dulu Fakta yang Haru... Kamu suka nonton film horor? Film horor apa yang kamu suka? Suka yang menunjukkan karakter iblis atau setan nyata ataukah lebih suka dengan horor th...
Ayah dan Anak Dengan Rambut Kribo Ini Bikin Gemas ... Cerita menarik datang dari negeri luar sana dimana ada dua orang yang statusnya sebenarnya mereka adalah ayah dan anak berbeda gender namun memiliki...