Tuesday, September 29Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Peringatan Tsunami Datang, Ini Cara Tepat Untuk Menyelamatkan Diri

Peringatan tsunami akan dikeluarkan setelah terjadi gempa dengan skala richter yang cukup besar, namun bahaya tsunami akan selalu datang. Pasalnya Indonesia memiliki wilayah laut yang lebih besar dari daratan, bahkan ini 1:3. Dimana luas lautan mencapai 3,2 kilometer persegi, sedangkan daratan hanya 1,9 kilometer persegi.

Sehingga jangan heran, jika banyak wisatawan dunia yang datang kemari untuk menjelajahi wisata bahari di bawah laut, namun ini menjadi sebuah kendala setelah terjadi gempa dengan kekuatan 7 SR di Lombok. Bahkan goncangan terasa hingga Bali, sehingga membuat banyak turis trauma dan takut jika sampai terjadi tsunami

Peringatan tsunami memang tidak terdengar, namun ini sudah mencapai syarat terjadinya tsunami. Apalagi belum lagi juga kembali terjadi gempa berkekuatan 6,4 SR pekan selanjutnya, sudah jelas ini menimbulkan ketakutan dan kerusakan yang lebih besar. Pasalnya sudah ada beberapa bangunan yang mengalami perbaikan pasca gempa.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sempat mengeluarkan peringatan tsunami, namun segera di cabut kembali karena memang tidak terjadi bencana yang disebutkan sebelumnya. Sehingga jangan mudah percaya dengan berita hoaks, meskipun gempa sudah mencapai di atas 5 SR sehingga berpotensi terjadinya tsunami.

Bahkan banyak membuat kekacauan, pasalnya hampir semua wisatawan di Bali langsung berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri. Selain itu, langsung membanjiri bandara untuk pergi secepatnya. Sudah jelas terjadi penumpukan penumpang, meskipun begitu bandara di Bali tetap beroperasi secara normal namun tidak bisa langsung menerbangkan semua penumpang.

Baca juga : Tidak Boleh Lari Saat Gempa, Ini Penjelasan Logisnya Untuk Keselamatan

Jika Anda tengah berada di tempat kejadian dan merasakan gempa sangat kuat, maka jangan panik karena harus melakukan penyelamatan terlebih dahulu dari pada lari atau menangis tanpa tujuan. Apalagi jika berada di dekat pantai, maka sebaiknya langsung melakukan langkah penyelamatan. Pertama pertahatikan laut,jika terjadi gumpalan ombak besar maka akan terjadi tsunami.

Selain itu, perhatikan apakah ada peringatan tsunami yang dikatakan. Jika memang ada, maka jangan panik dan segera keluar dari bangunan dan mencari tempat tinggi. Apabila Anda ada di hotel, maka sebaiknya berdiam diri saja, Anda sudah ada ditempat yang tepat. Karena idealnya tsunami tidak akan setinggi 30 meter dari permukaan laut dan bisa mengejar hingga 3 kilometer dari bibir pantai.

Selain itu, jika setelah gempa Anda melihat permukaan laut menyusut dan mendadak lebih rendah, ini peringatan terjadinya trusmani. Apalagi jika muncul gulungan pertama, ini memang kecil namun setelahnya akan muncul lebih besar. Tsunami bukan hanya terlihat seperti gulungan, namun banjir yang sangat besar dan kuat.

Selain itu, jika sudah mendengar peringatan tsunami, sebaiknya jauhi benda yang mudah rubuh, alat elektronik yang masih terhubung, benda tajam dan hindari berada di sekitar air misalkan kolam renang. Pastikan Anda berada di tempat tinggi dan tenang, tsunami hanya akan terjadi sebentar dan tidak lebih dari 30 menit namun akan sangat besar.