Tuesday, May 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Peringatan Lagi Untuk Para Orangtua, Anak Ini Mengalami Kebutaan Karena Hal Sepele Ini

Peringatan Lagi Untuk Para Orangtua, Anak Ini Mengalami Kebutaan Karena Hal Sepele Ini

Negeri tiongkok selain terkenal karena menjadi negara dengan populasi manusia terpadat di dunia sehingga membuat banyak pula kejadian unik yang terjadi negara yang baru saja pula menjadi juara umum Asian Games 2018 dengan raihan 132 Emas, 92 perak dan 65 perunggu yang berarti total mereka telah mengumpulkan 289 medali pada asian games 2018 ini.

Namun kali ini kisah pilu datang dari negeri tirai bambu tersebut dimana ada seorang anak laki-laki yang harus kehilangan penglihatan setelah bermain dengan bubuk silica ata pengawet makanan. Saat kita membeli  bahan makanan yang berada dalam kemasan biasanya kita sering menemukan bungkus silica ini yang memang berfungsi untuk mengawetkan makanan.

Ternyata bubuk silica yang biasanya ada tulisan tidak boleh dimakan juga tetap berbahaya meskipun tidak dimakan atau dikonsumsi. Menurut keterangan dokter yang merawat anak yang mnajdi koraban bubuk silica ini menjelaskan bahwa mata sebelah kanan ank ini berkarat setelah terkena cipratan serbuk silica saat ini memainkan bubuk ini dengan memasukkannya ke dalam air. Dan anak malang ini pun di vonis dokter mengalami kebutaan permanen akibat hal ini.

Setelah kejadian ini, ibu dari anak malang tersebut langsung memposting hal yang mengingatkan para orangtua lain agar lebih berhati-hati pada bubuk silica ini. Ia menceritakan awalnya anak ini mendapatkan ceilan kesukaannya setelah berhasil meraih hasil bagus dalam ujian. Namun ternyata di dalamnya juga ada bungkus silica yang kemudian ia masukkan ke dalam air lalu air tersebut menyembur seperti meledak dan mengenai mata sebelah kanannya.

Anak ini saat kejadian terjadi sontak langsung mengalami rasa sakit yang luar biasa karena cairan yang masuk ke matanya tersebut. Bubuk silica ini sebenarnya berbentuk gel yang fungsinya menjaga makanan agar tetap kering, mengurangi kelembaban berlebih serta biasanya diketahui tidak berbahaya. Menurut profesor Liu Ping, jenis pengawet yang fungsinya menjaga kelembaban makanan biasanya terbuat dari kalsium oksida atau kapur mentah. Saat bahan ini dimasukkan ke dalam air maka akan terjadi reaksi kimia yang membuat kapur tersebut meledak.

Ternyata kejadian seperti ini bukan yang pertama kalu terjadi. Pada tahun 2015, ada anak berusia 5 tahun yang bermain dengan bubuk semacam ini lalu memasukkannya ke dalam botol lalu meledak dan mengenai mata sehingga mengalami kebutaan pula. Oleh sebab itu mari para orangtua untuk lebih waspada lagi terhadap segala hal yang bisa dimainkan oleh anak-anak kita.