Tuesday, September 29Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Penyakit Asma Yang Memberikan Nasib Tragis Pada Raja Bulutangkis Dunia Ini

Penyakit Asma Yang Memberikan Nasib Tragis Pada Raja Bulutangkis Dunia Ini

Nasib buruk nampaknya sedang benar-benar dialami oleh mantan juara dunia junior tunggal putra asal Denmark, Victor Axelsen. Dia sementara ini harus merelakan posisi rangking satu dunia yang disandangnya direbut oleh Kento Momota asal Jepang. Kepastian tergusurnya Axelsen dari peringkat satu dunia diumumkan oleh BWF pada 27 september lalu.

Axelsen tidak hanya harus kehilangan rangking satu dunia namun juga harus ikhlas terdepak hingga ke posisi ke tiga dunia dengan raihan 77704 poin. Berdasarkan daftar rangking dunia BWF yang baru saja diumumkan beberapa hari lalu, Peringkat pertama ditempati oleh Kento Momota dari Jepang dengan 87107 poin lalu ada pebulutangkis asal China Shi Yuqi di peringkat ke dua dengan raihan poin 81692.

Yang lebih menyedihkan lagi bagi pemegang gelar juara bertahan Final BWF Super Series Masters tahun 2016 dan 2017 yaitu terdepak dari rangking satu dunia tepat satu hari sebelum Axelsen merayakan momen bersejarah detik-detik setahun ia merebut rangking satu dunia dari tangan pebulutangkis Korea Selatan, Son Wan Ho. Axelsen berhasil mengkudeta Son Wan Ho pada tanggal 28 September 2017 dengan menyalip raihan poin Son. Saat itu Son mengkoleksi 73388 poin sedangkan Axelsen 76200 poin.

Selain terdepan dari peringkat satu dunia, Axelsen juga mengalami kekalahan memalukan di turnamen Korea Terbuka di SK Handball Stadium pada hari kamis lalu dari pebulutangkis China Zhao Junpeng  yang berada di peringkat ke-63 dunia dengan skor 27-25 dan 21-9. Sebelumnya di Turnamen China Terbuka pun, Axelsen tidak mampu berbuat banyak karena kalah dari Anthony Ginting di babak perempat final dengan skor 21-18 dan 21-17.

Menurunnya prestasi Axelsen belakangan ini diketahui diakibatkan oleh penyakit pernapasan yang dideritanya yaitu penyakit asma. Dan saat melawan Anthony Ginting, penyakit Axelsen harus kambuh sehingga ia mengaku performanya sedikit terganggu pada laga itu. Apakah saat melawan pebulutangkis China di Korea Terbuka yang lalu, Axelsen kalah juga karena penyakit asmanya yang belum sembuh benar. Namun apa pun yang terjadi semoga Victor Axelsen bisa segera sembuh dan bermain maksimal lagi seperti biasanya, Semangat Axelsen.