Friday, January 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tips Kesehatan – Penting Melepas Sepatu Sebelum Masuk Rumah

Penting Melepas Sepatu Sebelum Masuk Rumah

Tips Kesehatan – Anda tentu akan selalu mendengar ibu berkata, lepas sepatu sebelum masuk dalam rumah. Ternyata hal tersebut bukan hanya untuk menjaga kebersihan, meskipun hal ini tidak berlaku di luar negeri. Dimana setiap orang akan masuk rumah tanpa melepas sepatu, namun di Indonesia yang memberlakukan hukum tidak tertulis tersebut, terbukti membuat kesehatan Anda lebih baik.

Ini bukan hanya soal sopan santun atau adat ketimuran, namun sudah ada penelitian yang menyebutkan. Jika memang lebih baik untuk kesehatan, melepas sepatu sebelum masuk dalam rumah, kenapa bisa demikian? Kebiasaan kecil yang buruk tersebut ternyata bisa mengancam kesehatan.

Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian dari Universitas of Arizona, dimana kebiasaan melepas sepatu sebelum masuk rumah akan menjaga kesehatan Anda. Berikut ini penjelasan ilmiah lengkapnya yang membuktikan hal tersebut.

3 Dampak Buruk Tidak Melepas Sepatu Sebelum Masuk Rumah

  • Bakteri

Ternyata di sepatu yang Anda gunakan sehari-hari, ada bakteri yang bisa menempel dan menularkan dari sepatu. Menurut penelitian, ada 421 ribu bakteri yang kemungkinan menempel pada bagian luar sepatu, Sembilan bakteri diantaranya bisa memberikan dampak negatif untuk tubuh.

Mulai dari Escherichia Coli (E. Coli), ini merupakan bakteri yang bisa menyebabkan diare, infeksi saluran pencernaan, bahkan ditemukan kasus meningitis juga akibat E. Coli. Terdapat pula bakteri Klebsilla pneumonia yang akan mengancam saluran kemih, dimana bisa menyebabkan infeksi dan sulit mengeluarkan buang air kecil.

Bakteri Serratia ficaria yang bisa menyebabkan infeksi pernapasan, ini memang tidak langsung terasa, namun jika bakteri tersebut menempel pada bagian luar sepatu berminggu-minggu dan sistem kekebalan tubuh menurun, maka bisa menyebabkan sesak napas atau serangan jantung mendadak.

  • Racun

Bukan hanya bakteri yang bisa menyebabkan penyakit, namun racun dapat juga menempel pada bagian luar sepatu. Apalagi jika Anda banyak berjalan di sekitaran jalan raya dengan aspal, dimana bagian luar jalanan dengan aspal, menggunakan tar.

Inilah yang memicu terjadinya kanker, partikel tar bisa menempel dan masuk ke dalam rumah. Apalagi jika rumah Anda tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, ini bisa mengendap dan menyebabkan aktifnya sel kanker. Bukan hanya orang dewasa, namun juga ditemukan kasus kanker pada anak-anak, sekalipun tidak memiliki riwayat genetika.

  • Tanah

Bukan hanya bau tanah basah yang harus dijauhi, namun tanah ternyata juga memberikan dampak negatif bagi anak-anak. Maka dari itu, orang tua akan melarang sepatu kotor masuk dalam rumah, karena ini akan menyebabkan penyakit.

Anak-anak cenderung akan memasukkan tangan atau mainan dalam mulut, lantai yang bersih bukan jaminan bebas bakteri atau kuman. Inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit, awalnya hanya sakit ringan namun jika kebiasaan buruk seperti tidak melepas sepatu di luar rumah, hal tersebut akan menjadi penyakit serius.

Ternyata ada banyak sekali hal baik dan sangat bagus untuk kesehatan dengan menerapkan kebiasaan kecil, melepaskan sepatu sebelum masuk rumah. Selain menjaga kebersihan rumah, bakteri, racun dan kuman tidak akan ikut masuk karena sepatu ditempatkan di bagian luar rumah.

Related Post

Orgasme pun Butuh Latihan Mendeteksi orgasme pada diri seorang laki-laki bukanlah hal yang sulit, karena dapat diketahui dengan mudah lewat ejakulasi. Tapi tidak demikian hal...
Cara Kalibrasi Baterai Android Cara kalibrasi baterai Android kerapkali ditanyakan oleh para pengguna ponsel, karena salah satu permasalahan yang paling sering menimpah smartphone...
Demi Diet, Donald Trump Mulai Singkirkan Steak Kebiasaan buruk konsumsi junk food memang akan dirasakan di usia senja, hal ini nampaknya mulai dialami Donald Trump. Presiden Amerika ke-45 itu, ka...
Solusi Diet Sehat Cegah Kanker Payudara Kini banyak wanita mencari resep diet sehat yang benar dan aman, pasalnya jika melakukan diet tanpa anjuran dokter atau ahli gizi yang tepat. Maka aka...