Thursday, December 5Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Penjelasan Dan Kronologi Pilot Lion Group Yang Pingsan Di Kupang

Penjelasan Dan Kronologi Pilot Lions Group Yang Pingsan Di Kupang

Lion Group memberikan penjelasan soal peristiwa pilot Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6548 terkena serangan jantung saat hendak mendarat di Bandara El Tari, Kupang. Pesawat tersebut berangkat dari Jakarta.

“Penerbangan ID-6548 sudah dipersiapkan dengan baik. Batik Air membawa tujuh kru dan 148 tamu. Sebelum diberangkatkan, pesawat Airbus 320-200CEO registrasi PK-LUF sudah melalui pemeriksaan lebih awal dan seluruh kru menjalani pemeriksaan kesehatan, dinyatakan laik terbang (airworthy for flight),” kata Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/11).

Pesawat tersebut mengudara pukul 09.12 WIB dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan jadwal mendarat di El Tari pukul 12.40 WITA. Sebelum menurunkan ketinggian, kata dia, Pilot in Command (PIC) dalam hal ini pilot merasa adanya gangguan kesehatan. Ia merasa pusing berat sehingga membuat konsentrasi terpecah dan lemas.

Pilot pingsan setelah sempat mengeluhkan kondisi kesehatannya 10 menit sebelum pesawat mendarat. “Seluruh kru yang bertugas pun bekerja berdasarkan prosedur dan tindakan yang tepat. Pilot mendapatkan pertolongan pertama,” ungkap dia.

Penerbangan kemudian diambil alih oleh kopilot. Kopilot itu pun menginformasikan bahwa akan mendarat dalam keadaan darurat (emergency landing). “Seluruh awak kokpit (pilot dan kopilot) sudah dilatih untuk terbang sendiri dan menjalankan ketentuan. Pesawat mendarat di Bandar Udara El Tari pada 12.46 WITA,” ungkap dia.

Setelah pesawat berada di landas parkir (apron) dan berada pada posisi sempurna, pilot segera mendapatkan pertolongan dan dibawa ke rumah sakit. “Batik Air juga sudah menerbangkan pesawat pengganti dari Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB) ke Kupang,” tutup dia.

Baca Juga :

 

Kronologi Pilot Pingsan Sebelum Pesawat Mendarat di Bandara Kupang

Kupang- Pesawat Batik Air nomor seri A-320 dengan nomor penerbangan ID 6548 tujuan Jakarta-Kupang mendarat di Bandara El-Tari Kupang, Minggu (17/11/2019) sekitar pukul 12.40 WITA. Diduga kuat, sang pilot terkena serangan jantung saat pesawat hendak landing. Petugas KNKT bergerak cepat memeriksa kondisi pesawat dan melarikan pilot ke Rumah Sakit Siloam Kupang.

Berikut Kronologi kejadian yang dihimpun florespedia.com ini :

Pukul 12.30 WITA

Pilot pingsan setelah sempat mengeluhkan kondisi kesehatannya 10 menit sebelum pesawat mendarat.

Pukul 12.31 WITA

Kopilot mengambil alih kemudi dan mengontak Air Nav Bandara El Tari menyampaikan bahwa pilot Batik Air pingsan dan akan melaksanakan emergancy landing.

Pukul 12.40 WITA

Pesawat Batik Air mendarat di Bandara El Tari kupang.

Pukul 12.50 WITA

Pesawat Batik Air ditarik dari ujung Runway 25 untuk masuk ke Apron.

Pukul 13.15 WITA

Dilaksanakan evakuasi pilot yang pingsan oleh tim Medis, GH, serta Angkasa Pura I, dan langsung di bawa ke Rumah Sakit Siloam. Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab pingsannya Pilot pesawat tersebut, masih menunggu hasil pemeriksaan dari dokter.