Tuesday, September 29Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Penjarahan Di Palu Mencoreng Nama Indonesia Di Dunia

Penjarahan Di Palu Mencoreng Nama Indonesia Di Dunia

Peristiwa gempa bumi dan tsunami yang menyerang Palu dan sekitarnya menyisakan banyak duka untuk para korban. Sampai saat ini para korban memang masih ada yang membutuhkan bantuan pangan dan juga pakaian. Namun untungnya saat ini jaringan komunikasi dan listrik telah mulai aktif kembali di beberapa wilayah.

Namun ada satu kejadian yang membuat kita agak miris menyaksikannya. Adanya aksi penjarahan yang dilakukan oleh para warga di Sulawesi Tengah. Memang sebelumnya ada pula aksi penjarahan truk Pertamina oleh para korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Dan parahnya ada pula aksi penjarahan di minimarket, pertokoan dan Mall di sejumlah lokasi di Sulawesi Tengah.

Foto-foto penjarahan pun telah beredar di banyak sosial media dan tersebar ke seluruh dunia. Palu Grand Mall dijarah oleh para warga yang tidak bertanggung jawab, yang awalnya diduga datang untuk mengambil sembako sebagaimana memang telah diizinkan oleh pemerintah. Namun ternyata mereka juga mengambil peralatan elektronik dan bahkan sebuah mobil display milik Honda juga menjadi sasaran. Pada foto itu terlihat mobil-mobil Honda tersebut tidak lagi memiliki roda serta ban. Bahkan selain ban atau roda mobil, salah satu media mengatakan ada pula mesin mobil yang raib dijarah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Di media asing sedang ramai foto yang menggambarkan ada dua orang berboncengan sepeda motor sedang membawa TV LED layar lebar yang cukup besar. Dilansir oleh salah satu media, Kadiv Humas Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto mengatakan pihaknya telah menyelidiki siapa provokator aksi penjarahan di Palu.

Mengapa disaat banyak orang-orang kesusahan dan tertimpa musibah masih saja banyak orang yang memanfaatkan hal ini untuk berbuat sesuatu yang sangat tidak bisa dibenarkan. Apakah mereka tidak takut berdosa mengambil sesuatu yang bukan menjadi miliknya. Semoga pemerintah bisa segera mengatasi hal ini karena sangat mencoreng warga Palu lainnya yang tidak berbuat seperti para penjarah tersebut. Semoga para pelaku sadar dan segera mengembalikan semua yang telah mereka curi. Semoga di masa depan, kita bisa menjadi lebih dewasa dan tahu apa yang boleh diambil saat tertimpa musibah ataupun bencana alam.