Saturday, June 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Penderita Tekanan Darah Tinggi Tetap Bisa Puasa Dengan Nyaman, Ikuti Tipsnya!

Penderita Tekanan Darah Tinggi Tetap Bisa Puasa Dengan Nyaman, Ikuti Tipsnya!

Menjalankan puasa memang jadi tantangan tersendiri, apalagi kini sedang memasuki musim panas sehingga akan terasa lebih menyiksa. Namun ini lebih menjadi tantangan tersendiri untuk penderita tekanan darah tinggi, tidak ada paksaan dalam berpuasa, karena ini hanya dilakukan untuk kaum muslim yang mampu.

Mampu dalam artian kondisi tubuh mendukung dan tidak menyakiti diri sendiri, padahal kita tahu jika penderita tekanan darah tinggi jika terlambat makan di jam yang ditentukan maka akan mengalami lemas, lelah, mual, pusing hingga muntah.

Namun ini bukan halangan untuk tetap melakukan Ibadan puasa, apalagi ini kewajiban yang harus dilakukan kaum muslim setiap tahunnya. Ternyata ada tips sehat bagi penderita tekanan darah tinggi yang ingin puasa dengan nyaman, aman bahkan membuat tubuh lebih sehat.

3 Tips Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi Agar Puasa Menjadi Lebih Lancar

1. Konsumsi Air Putih Lebih Banyak

Jika normalnya setiap hari harus konsumsi 8 hingga 10 gelas setiap harinya, tetapi ini hal sulit saat sedang menjalani ibadah puasa. Tetapi dehidrasi karena kekurangan cairan akan membuat kondisi tubuh penderita tekanan darah tinggi semakin memburuk, kenapa tidak gunakan pola minum air putih 2-4-2 di bulan Ramadan.

Caranya mulai konsumsi air putih dua gelas saat berbuka puasa, ini tanpa campuran apapun. Setelah itu, 4 gelas sehabis salat taraweh dan makan malam. Pada saat sahur, konsumsi 2 gelas air putih lagi. Secara tidak langsung, Anda tetap memenuhi kebutuhan air untuk tubuh.

Baca juga: Sering Sakit Kepala Saat Berpuasa, Lakukan Cara Mencegahan Ini!

Jangan menyiksa dengan konsumsi air secara langsung dalam 2 liter, ini akan membuat Anda yang tidak terbiasa merasa mual. Kenapa lebih sehat menggunakan terapi air putih, karena bisa bisa menetralkan kondisi tubuh dari pada di tambahkan dengan menu minuman lainnya.

2. Jangan Tambahkan Garam Dalam Makanan

Sudah jelas setiap makanan akan lebih gurih dan enak di makan dengan tambahan bumbu penyedap, seperti gula dan garam. Namun bagi penderita tekanan darah tinggi, konsumsi makanan yang banyak mengandung garam bisa memicu kenaikan tekanan darah tinggi.

Untuk itu, sebaiknya siapkan makanan sendiri dan kurangi tambahan garam. Nikmati rasa masakan aslinya, memang terasa tidak nyaman namun ini menyehatkan. Bisa tetap menambahkan garam, namun tidak sebanyak konsumsi orang lain.

3. Konsumsi Sayur dan Buah

Menu makanan sehat dari alam memang anjuran utama untuk penderita darah tinggi, ini akan mengurangi adanya efek natrium yang tercampur dalam darah, sehingga memengaruhi kenaikan darah tinggi.

Ada baiknya saat berbuka puasa, lebih banyak konsumsi buah dan sayur. Buah yang dikonsumsi langsung lebih sehat dan dalam suhu ruangan saja, jika memang konsumsi sayur kurangi penggunaan santan terlalu kental. Lebih baik dalam kondisi bening dan jangan terlalu banyak tambahan garam apalagi penyedap rasa instan.

Memang agak sulit membuat menu sehat untuk penderita tekanan darah tinggi, namun untuk Anda yang menjalaninya sendiri. Ada baiknya menjaga pola makan, ini untuk kebaikan dan kesehatan tubuh, sehingga bisa tetap berpuasa 30 hari secara penuh di bulan Ramadan.

One Comment

Comments are closed.