Saturday, May 26Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Penasaran Apakah Gempa Bumi Terasa Saat Berada Di Dalam Pesawat? Ini Penjelasannya

Pernah bertanya-tanya apakah gempa bumi bisa dirasakan saat berada di dalam pesawat? Rupanya ada sebuah jawaban ilmiah tersendiri mengenai hal tersebut. Gempa bumi yang mengguncang daratan dalam frekuensi besar atau pun kecil dianggap tidak akan berpengaruh pada aircraft. Meskipun bukan menjadi jaminan bahwa berada di dalam aircraft sepenuhnya aman dari gempa bumi. Pasalnya tetap akan ada efek tersendiri yang dirasakan ketika berada di dalam aircraft pada saat gempa bumi terjadi.

Dijelaskan di dalam halaman HowStuffWorks, Rabu (2/5/2018), aircraft yang sedang mengudara memang awalnya tidak akan merasakan efek besar gempa bumi dalam frekuensi tertentu. Meskipun pada beberapa guncangan hebat lain, efek gempa bumi bisa saja tetap dirasakan oleh penumpang yang berada di dalam pesawat.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai hal ini, lebih dulu harus diperhatikan bagaimana cara kerja dari gempa bumi. Serta apa saja yang akan berpengaruh pada guncangan frekuensi gempa bumi itu sendiri. Sehingga nantinya bisa menilai apakah mungkin ada efek tertentu yang terjadi pada penumpang di dalam aircraft saat gempa bumi terjadi.

Gempa bumi terjadi karena lempengan daratan yang bergeser. Pergeseran ini terdapat banyak sebab berbeda. Pergeseran dari lempengan bumi ini bukan hanya menyebabkan adanya interaksi antar darata. Namun juga pada air hingga udara atau gas pada ketinggian 1000 kilometer pun masih akan merasakan akibatnya. Interaksi pada air atau lautan biasanya terlihat dengan terjadinya tsunami. Dimana lapisan lempengan bumi yang bergerak menyebabkan munculnya gelombang besar di laut.

Sedangkan pada udara, pergerakan lempengan bumi tersebut dibedakan menjadi gerakan primer (P) dan juga gerakan sekunder (S). Ketika berada di ketinggian, gerakan primer tersebut hanya akan mencapai ketinggian 1000 kilometer saja. Sedangkan gerakan sekunder yang biasanya berupa suara pun tidak akan terdengar. Pasalnya karena suara mesin pesawat memiliki frekuensi lebih besar.

Sehingga memang, berada di dalam pesawat ketika terjadi gempa bumi memberikan efek paling minimal dari pada ketika berada di daratan. Dimana gerakan primer akan paling terjadi.