Tuesday, June 2Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Pekerjaan-pekerjaan Inilah Yang Akhirnya Hilang Karena Kemajuan Zaman

Pekerjaan-pekerjaan Inilah Yang Akhirnya Hilang Karena Kemajuan Zaman

Tiap orang untuk memenuhi kebutuhannya harus bekerja. Zaman terus berkembang dan kemajuan menjadi bagian dari zaman ini ternyata mempengaruhi pekerjaan seseorang dan tidak jarang dulu ada pekerjaan yang begitu menjadi favorit namun sekarang sudah tidak ditemukan lagi. Dalam artikel ini akan membahas hal demikian.

1. Penjaga Wartel

Warung Telekomunikasi atau wartel dulu menjadi bagian dari penyedia sarana komunikasi dimana tidak sedikit orang yang datang ke wartel untuk menghubungi atau memberikan kabar ataupun ada keperluan mendesak dengan pihak keluarga yang tinggalnya jauh namun sekarang ini dengan adanya handphone secara otomatis menyebabkan wartel ditinggal pelanggannya karena komunikasi lewat handphone atau biasa disingkat dengan hp ini lebih praktis dimana bisa dibawa kemana-mana dan kapan saja bisa komunikasi jarak jauh.

2. Tukang foto keliling

Dulu sebelum adanya handphone untuk mengabadikan moment harus mendatangi tukang foto. Hal inipula yang akhirnya melahirkan tukang foto keliling namun dizaman sekarang tidak lagi ditemukan tukang foto keliling pada wilayah Indonesia pada umumnya hal ini karena adanya handphone yang bisa mengambil foto kapan saja dan juga untuk foto resmi terkadang lebih memilih ke studio foto dimana tanpa menunggu lama foto bisa diambil tidak harus berhari-hari seperti tukang foto keliling.

3. Tukang Bioskop keliling atau Layar tancap

Dahulu ada sebuah profesi yaitu bioskop keliling yang menayangkan beberapa film dimana film itu menjadi hiburan buat warga. Film-filmnya juga sebenarnya sering diputar oleh bioskop keliling dan tidak sedikit yang sudah menonton berkali-kali namun tidak bosan saat ditayangkan kembali. Peralatan yang disiapkan layar besar warna putih dan beberapa alat lainnya yang mendukung bioskop tersebut namun sekarang dengan kemajuan zaman sudah tidak ada bioskop keliling karena dengan mudahnya orang mendapatkan film-dilm bagus cukup dengan lihat internet. Bioskop keliling dalam masyarakat Jawa disebut juga dengan layar tancap.

4. Sewa game keliling

Membahas tentang sewa game keliling jadi ingat tentang masa-masa sekolah SD dahulu dimana ada seorang yang membaur dengan penjual makanan dimana orang tersebut bukan menjual makanan namun menyewakan game dimana dengan bandrol sewa satu kali main kalah harus membayar. dahulu banyak anak yang habis istirahat mendekat orang tersebut untuk menyewa namun sekarang pekerjaan seperti itu sudah ditinggalkan karena zaman sekarang untuk bermain game cukup dengan hp atau handphone.

5. Penata Pin Bowling

Dahulu sebelum adanya alat yang mampu menata sendiri pin bowling dahulu menatanya menggunakan tenaga manusia. Para pemuda yang kebanyakan laki-laki akan menunggu saat bola bowling dilempar dan mengenai pin bowling dimana para pemuda itu akan menata kembali namun sekarang sejak ada alat khusus yang menatanya pekerjaan ini otomatis ditinggalkan

Itulah pekerjaan yang sudah ditinggalkan karena kemajuan zaman. Kira-kira masih ada tidak tidak pekerjaan yang sekarang masih diminati namun tahun depan akan hilang. Zaman yang berkembang ternyata berpengaruh juga terhadap jenis pekerjaan seseorang dimana ada yang hilang ada yang muncul pekerjaan baru. Hal itu memaksa manusia harus selalu berinovasi sehingga tidak tertinggal zaman.