Monday, December 10Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Payudara Terasa Sakit, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Payudara terasa sakit, ini hal yang sangat mengganggu untuk wanita. Apalagi saat masih dalam jam kerja, karena Anda banyak menggunakan pakaian yang cukup pas melekat pada tubuh. Memang pada keadaan tertentu payudara akan sedikit mengencang, ini karena sedang terjadi perubahan hormon dalam tubuh, namun jika tidak apakah menjadi tanda terjadinya sakit?

Kanker payudara tentu menjadi momok menakutkan, pasalnya ini menjadi salah satu penyakit mematikan yang sudah menjadi penyebab kematian jutaan wanita di dunia. Ternyata ada tanda-tanda dan bagaimana merawat kesehatan payudara, selain itu jangan abaikan tanda kecil seperti terasa nyeri karena masih bisa diatasi.

5 Tanda Payudara Terasa Sakit Dan Cara Mengatasinya

  1. Menstruasi

    Saat datang bulan, Anda jangan takut atau khawatir saat payudara terasa sakit karena ini akan mengencang dengan normal. Pasalnya sedang terjadi perubahan hormon karena sel telur tidak dibuahi, ini akan menyebabkan hormon estrogen mengalami penurunan jumlah. Hal ini aman saja, asalkan masih dalam tahap menstruasi.

    Dimana nantinya akan terjadi naik dan turun produksi hormon testosteron, estrogen dan progesterone. Ini normal terjadi di masa menstruasi sehingga tidak perlu melakukan tindakan apapun, Anda hanya perlu tenang dan sebaiknya bisa mengontrol emosi dengan baik. Lebih banyak konsumsi buah dan sayur serta hindari cokelat dan soda, ini akan kembali normal dan payudara tidak akan sakit lagi, biasanya setelah melewati 3 atau 4 hari saat datang bulan.

    Baca juga : Mencatat Siklus Menstruasi Akan Memberikan Banyak Manfaat Untuk Wanita

  2. Porsi Olahraga Meningkat

    Akhir ini Anda lebih sering berolahraga atau mengunjungi gym? Ini akan memberikan perubahan pada payudara, apalagi bentuknya. Dimana akan membentuk sebagian otot, seperti dada, sehingga mengganggu bentuk payudara.

    Jika memang sudah terlalu kencang atau stretch terlalu lama dan sering kali, ada baiknya untuk mengurangi porsi olahraga. Namun jika memang ingin begitu, ada baiknya menambahkan jam olahraga secara bertahap, sehingga tubuh bisa beradaptasi dengan baik. Selain itu, usahakan tidak menggunakan pakaian olahraga terlalu ketat, sehingga tubuh bisa bernapas dengan baik.

  3. Memilih Bra yang Salah

    Ini banyak menjadi kesalahan wanita yang berujung pada payudara terasa sakit, memang memilih bra itu tergantung selera, namun perhatikan jenis payudara yang Anda miliki. Jika memang punya payudara yang besar, disarankan menggunakan payudara dengan kawat sehingga bisa menopang dengan baik dan bra tidak cepat rusak.

    Bagaimana dengan payudara yang kecil, Anda bisa memilih bra yang sesuai keinginan karena hampir semuanya terasa nyaman. Ingin terlihat lebih menonjol? Bisa memilih bra dengan tambahan busa, agar terlihat lebih besar, namun ini harus mempertimbangkan kesehatan dan kenyamanan terlebih dahulu jangan hanya mementingkan penampilan.

  4. Terdapat Benjolan atau Bengkak Pada Payudara

    Ini hal yang sudah cukup serius, dimana frekuensi payudara terasa sakit sudah terlalu banyak namun Anda abaikan begitu saja. Sehingga bisa jadi penyebabkan masalah lain, seperti benjolan atau bengkak. Ini hal serius yang tidak boleh Anda anggap remeh, adanya benjolan bisa menyebabkan kanker sudah mulai tumbuh.

  5. Kopi Membuat Payudara Terasa Sensitif

    Suka konsumsi kopi di pagi hari, ini memang menyenangkan dan bisa menenangkan tubuh. Hal tersebut ternyata bisa menimbulkan efek payudara terasa sakit, ini karena adanya jaringan kista yang mengalami dampak buruk akan adanya kopi. Hal ini dijelaskan oleh Diane Young, salah satu pakar kesehatan khusus payudara.

    Dimana payudara memiliki saluran kecil yang cukup sensitif, ini bisanya akan mulai mengeras jika merasakan ada gangguan dari kafein. Sehingga membuat payudara akan mengeras, membengkak dan terasa sakit yang teramat pedih namun tidak terdapat luka. Pastikan untuk tidak konsumsi kopi terlalu banyak, maksimal 3 cangkir setiap harinya.

Jadi, jangan mudah khawatir jika memang payudara terasa sakit, bisa jadi ini hal normal namun harus bisa mengatasikan dengan tepat. Sudah terjadi terlalu sering, tidak ada salahnya untuk konsultasi dengan dokter, sehingga bisa mendapatkan penanganan tepat sebelum semuanya terlambat dan semakin parah.

Related Post

Putri Pertama Michael Buble Luisana Lopilato Telah... Putri pertama yang sudah sangat dinantikan Michael Buble dan istrinya, Luisana Lopilato memang melengkapi keluarga baru mereka. Sebelumnya Buble dan L...
Micellar Water Dapat Bersihkan Sepatu Suede, Coba ... Micellar water merupakan cairan pembersih wajah secara instan, ini akan dengan mudah membersihkan sisa makeup, menghilangkan debu dan kotoran serta me...
Inilah Yang Paling Diinginkan Suami Dari Sang Istr... Tak dapat dipungkiri bahwa seks merupakan hal penting bagi seorang pria. Bahkan, tidak sedikit pria yang menempatkan seks di posisi teratas daftar h...
Samsung Galaxy Note 9 Terbaru Lebih Fungsikan Kegu... Samsung Galaxy Note 9 terbaru, memang direncanakan memberikan fungsi lebih pada saat digunakan bersama Samsung Pen. Dimana kini rumornya, penggunaan S...