Tuesday, September 29Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin Kuasai Suara Pemilih Muslim Berdasarkan survei LSI

Pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin Kuasai Suara Pemilih Muslim Berdasarkan survei LSI

LSI atau Lingkaran Survei Indonesia melakukan peneltian terhadap suara pemilih muslim dalam Pilpres 2019 dan hasilnya adalah pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin masih lebih unggul dibandingkan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Peneliti dari LSI yaitu Denny JA Rully Akbar menyampaikan bahwa total pemilih muslim saat ini di Indonesia mencapai 85 persen dan dalam survei tersebut dibagi manjadi lima kategori.

Pertama adalah kategori asosiasi dengan ormas islam dimana Jokowi-Maruf unggul di segemen pemilih muslim NU dengan 54,7 persen, tidak merasa bagian ormas islam 58,9 persen, Muhammadiyah 50 persen, ormas islam lain 60 persen dan tidak tahu 42,6 persen. Sementara Pasangan Prabowo-Sandiaga Uno unggul pada pemilih dengan segmen PA 212 dengan 61,1 persen. Dari serangkaian ormas islam yang ada di Indonesia, mayoritas memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam konteks saat ini ujar Rully di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur pada hari jumat tanggal 24 agustus lalu.

Yang kedua kategori soal pandangan agama dan politik. Pada pertanyaan agama dan politik tidak bisa dipisahkan, pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dengan 54,3 persen sedangkan di pertanyaan agama dan politik harus terpisah, Jokowi-Ma’ruf Amin tetap unggul dengan 60,5 persen.

Ketiga berdasarkan pada kategori tipe ideal negara, pertama Indonesia harus khas pancasila dengan 54,2 persen, segmen harus timur tengah 43,5 persen dan harus seperti dunia barat 48 persen dengan keunggulan tetap pada pasangan Jokowi-Ma;ruf Amin.

Keempat, berdasarkan praktik ibadah solat dengan kategori pertanyaan salat setidaknya sehari sekali, Jokowi-Ma’ruf Amin masih unggul dengan 57,9 persen sementara untuk kategori salat hanya di momen tertentu, justru prabowo-sandiaga yang unggul dengan 43,5 persen.

Yang terakhir adalah kategori berdasarkan praktik membaca Al-quran dimana untuk segemen membaca al-quran setidaknya sebulan sekali pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dengan 61 persen sementara dalam segmen membaca al-quran hanya di momen tertentu, pasangan prabowo-sandiaga yang menang tipis dengan 42,9 persen suara.

Namun ini semua memang hanyalah masih sebuah survei yang bisa saja berubah seiring berjalannya waktu. Belum lagi sangat banyak lembaga survei di Indonesia yang ditengarai lebih memihak kepada pasangan tertentu walau memang masih banyak tidak mengakuinya.

One Comment

Comments are closed.