Monday, October 15Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Para Atlet Muslim Yang Kiprahnya Dikenang Dunia Olahraga

Para Atlet Muslim Yang Kiprahnya Dikenang Dunia Olahraga

Masih berhubungan dengan suksesnya Khabib Nurmagomedov di ajang UFC, di dunia olahraga internasional, atlet yang beragama muslim masih menjadi minoritas dan tentunya hal ini menjadi perhatian. Apalagi dengan gaya hidup bebas yang tidak sejalan dengan aturan yang ada dalam agama Islam. Oleh sebab itu atlet yang mampu mempertahankan identitas dirinya sebagai muslim dan sukses di dunia olahraga internasional adalah sesuatu yang luar biasa. Ada beberapa atlet musim yang berhasil menorehkan prestasi gemilang meskipun hanya hidup di kalangan minoritas.

Yang pertama ada Mike Tyson yang memang menjadi mualaf pada tahun 1992 dan dijuluki si leher beton. Ia mulai masuk Islam ketika menjalani hukuman atas kasus tuduhan pemerkosaan. Menyelesaikan hukuman selama tiga tahun, akhirnya Tyson kembali berlaga di atas ring dan sukses menyabet gelar juara kelas berat WBA dan WBC. Tyson pun pernah banting stir menjadi aktor di beberapa film seperti Tyson, IP Man 3, China Salesman, Public Disturbance dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selanjutnya ada pria kelahiran Aljazair yang menjadi juara dunia bersama Perancis yaitu Zinedine Zidane. Memulai karir di Cannes kemudian Zidane menjelma menjadi pemain kelas dunia di Juventus dan mengakhiri karir di Real Madrid. Zidane bahkan masuk ke dalam daftar 500 tokoh muslim paling berpengaruh versi Pusat Studi Strategis Agama Islam (MABDA) pada tahun 2018. Zidane terakhir sukses sebagai pelatih Real Madrid dengan menjadi juara Liga Champions sebanyak 3 kali berturut-turut.

Yang ketiga ada Shaquille O’Neal yang lahir dalam keluarga beda agama, karena sang ibu beragama kristen sedangkan ayah seorang muslim. O’Neal berhasil membawa perubahan di NBA sebelum akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang muslim. Meski tidak sevokal atlet internasional muslim lainnya namun Shaq dalam sebuah wawancara pernah mengatakan bahwa ia telah menunaikan ibadah haji. Kini ia bekerja sebagai analis dalam program NBA.

Yang keempat ada pemain NBA lainnya yaitu Kareem Abdul Jabbar yang bermain selama 20 tahun dalam dunia basket. Lahir dengan nama Lew Alcindor, ia memutuskan memeluk agama islam pada tahun 1971. Ia juga menjadi pencetak skor terbanyak di NBA yaitu 38387 poin dan belum mampu dilampaui oleh siapa pun.

Yang kelima ada Muhammad Ali yang tentu saja kita tahu adalah seorang petinju hebat yang memulai olahraga ini sejak usia 12 tahun. Ali berhasil menjadi juara dunia di usia 22 tahun pada tahun 1964 dan menjadi satu-satunya petinju yang berhasil meraih juara dunia kelas berat sebanyak 3 kali yaitu di tahun 1964, 1974 dan 1978.

Related Post

Pelabuhan Ratu Punya Adat Laut Leluhur Yang Masih ... Pelabuhan ratu bukan hanya tempat penyeberangan paling ramai setiap harinya, namun juga masih menyimpan budaya leluhur yang masih di pertahankan hingg...
Hati-hati Baju Bekas Bisa Menambah Derita Para Kor... Gempa Bumi dan Tsunami yang melanda pulau Sulawesi membuat banyak orang maupun lembaga sosial berlomba-lomba untuk memberikan bantuan. Namun ternyat...
Hoaks Gempa Lombok Kembali Tersebar, Masyarakat Di... Hoaks gempa Lombok memang semakin banyak, memang benar terjadi gempa dengan kekuatan 7SR yang berpusat ada Lombok. Dimana hal tersebut membuat kepanik...
Rahasia Kulit Stunning Ala Putri Kerajaan Inggris Royal Wedding kerajaan selalu menyita perhatian publik, baru saja diselenggarakan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Ini jadi Royal Weddin...