Tuesday, November 20Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Panci Rise Cooker Lengket Dan Bau, Ini Cara Mudah Membersihkannya

Panci rise cooker memang sebaiknya dicuci setelah digunakan, namun karena terlalu sering menanak nasi dalam mesin pengubah beras tersebut, maka akan sulit dibersihkan. Banyak ibu yang harus merendam hingga 12 jam atau di malam hari, agar semua sisa nasi yang lengket dan mengering bisa hilang dengan sendiri.

Apalagi jika Anda menggunakan panci untuk membuat masakan lainnya, tentu saja sisa makanan yang menempel akan berkerak dan memberikan bau tak sedap. Selain itu, nasi yang dimasak menggunakan rise cooker menjadi terasa berbeda. Jangan sampai hal ini terjadi, pasalnya sudah banyak kasus terjadi kracunan makanan hanya karena digunakan selain menanak nasi.

Ternyata ada cara untuk bisa membersihkan panci rise cooker tanpa harus membutuhkan waktu lama, tidak perlu berlaku kasar dengan menggunakan benda tajam. Pelindung di bagian luar, memberikan perlindungan jika tidak maka beras yang dimasak menjadi nasi rasanya akan aneh. Bagaimana cara membersihkan dengan cepat, tanpa menggunakan benda tajam dan tidak membutuhkan tenaga ekstra.

Caranya, panci rise cooker yang sudah digunakan dan terdapat banyak sisa nasi, tambahkan air dan masak di atas kompor hingga mendidih. Diamkan beberapa saat, kemudian lihat apakah nasi sudah terapung dan mudah dibersihkan, baru angkat ke tempat cuci piring untuk dilakukan pembilasan. Hati-hati saat dalam kondisi panas, jangan langsung memberikan air dingin karena menyebabkan kerusakan.

Baca juga : Cuci Tangan Yang Benar Bukan Sekadar Membasuh Dengan Air

Jika Anda ingin agar panci rise cooker bisa digunakan jangka panjang, jangan terlalu sering digunakan untuk menanak nasi. Karena kandungan air semakin tinggi, selain itu jika mengeluaran tersumbat maka air bisa masuk ke sambungan elektronik. Ini bukan hanya memicu kerusakan namun bisa terjadi konsleting listrik, hal tersebut yang memicu kebakan di perumahan.

Agar awet gunakan saja untuk memanaskan nasi dan makanan, selain itu usahakan di bagian dasar panci tidak terkena bahan lain, selain nasi untuk menghindari kerusakan. Hal ini tentu akan membantu ibu rumah tangga untuk menghemat waktu menyelesaikan pekerjaan rumah, sekali lagi jangan gunakan benda tajam atau besi untuk menghilangkan nasi berkerak dan kering di panci rise cooker, ini akan merusak bukan membersihkan.

Related Post

Tips Cerdas Atasi Bibir Kering Saat Berpuasa Datangnya bulan Ramadan, sudah pasti akan menjalankan ibadah puasa. Ini memang ibadah yang membutuhkan ketahanan fisik, karena Anda harus menahan la...
Tanda-Tanda Suami atau Istri Anda Berselingkuh den... Anda bukan seorang pasangan pencemburu yang selalu curiga tapi naluri anda tentu bisa merasakan ada sesuatu yang salah dalam hubungan anda dengan su...
15 Posisi Hubungan Seksual yang Perlu Anda Coba Berikut ini adalah 15 posisi hubungan seksual yang perlu anda coba bersama pasangan untuk mendapatkan sensasi kenikmatan dengan maksimal : Posisi...
I Am Paul Walker, Film Dokumenter Mengharukan Untu... I Am Paul Walker ini merupakan judul untuk film dokumenter yang dibuat khusus untuk Paul Walker yang terkenal dalam membintangi The Fast and Furious. ...