Monday, September 28Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Nyeri Menstruasi Dapat Hilang Dengan Air Hangat

Nyeri menstruasi memang akan terjadi di hari pertama, apalagi pada remaja yang mengalami siklus bulanan pertama kalinya. Rasa nyeri berlebih memang terjadi karena perubahan hormon, sudah pasti rasa nyeri yang bersumber di perut ini sangat mengganggu. Namun datang bulan kini bukan halangan untuk tetap beraktivitas seperti biasanya.

Bukan hanya mengandalkan obat-obatan, baik dengan senyawa kimia atau pun ramuan tradisional. Ternyata kini ada cara mudah untuk mengatasi rasa nyeri menstruasi tanpa konsumsi apapun, sehingga tidak akan membuat Anda tidak nyaman dan timbul efek samping apapun. Cobalah gunakan air hangat untuk mengurangi rasa sakitnya.

Bukan dengan cara mandi dengan air hangat,  namun tempatkan dalam wadah, bisa dalam bentuk katung karet atau botol beling. Lakukan kompresan secara perlahan di area yang mengalami sakit, kompresan air hangat ini akan membuat rasa nyeri menghilangkan secara bertahap. Jika memang muncul kembali rasa nyeri, bisa mengulangi kompresan kembali.

Mengapa kompres air hangat bisa mengatasi nyeri saat datang bulan, ini karena air hangat bisa membantu pembuluh melebar, hal tersebut membuat peredarah darah menjadi lebih lancar ke seluruh tubuh. Peredaran darah yang lebih lancar, jelas akan membantu mengurangi rasa sakit, ini banyak terjadi saat mengalami kelelahan bahkan stres.  Selain itu, dapat membuat tubuh menjadi lebih nyaman karena bisa merelaksasi otot.

Baca juga : payudara kecil bikin wanita kurang percaya diri cari tahu penyebabnya

Jika memang sudah berada di luar rumah, bisa menggunakan sesuatu yang hangat, seperti balsam. Oleskan pada bagian tubuh yang membuat nyaman, ini akan membantu mengatasi nyeri, bisa juga menghilangkan rasa kelelahan. Namun hal yang paling efektif adalah sebaiknya menerapkan waktu istirahat yang cukup, apalagi saat tidur di malam hari. Jangan sering lembur hanya untuk menyelesaikan satu pekerjaan, ini bisa Anda selesaikan besok namun penyakit akan membuat Anda tidak lagi bisa bekerja keesokan harinya.

Cara menghilangkan nyeri menstruasi sudah diterapkan sejak zaman dahulu, bahkan banyak wanita yang menggunakan gulungan kain dengan nasi yang baru matang dan menempelkan di sekitar perut. Ini akan sangat melegakan, apalagi jika mengalami menstruasi tidak teratur. Kompresan air hangat ini memang sangat membantu, lakukan beberapa kompresan maka perut akan lebih baik dan bisa beraktivitas seperti biasanya.

One Comment

Comments are closed.