Wednesday, September 30Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

NIK E-KTP Dapat Ungkap Identitas Pribadi Pemiliknya, Ini Caranya !

NIK E-KTP memang tidak akan pernah sama pada setiap orang, dimana ternyata ada rahasia tersendiri di balik 16 digit nomor tersebut. Bahkan kini banyak yang menebak, sebenarnya apa kombinasi angka yang digunakan, mengingat jumlahnya sangat banyak. Jika ini hanya random acak dari komputer, maka bisa jadi akan ada kesamaan.

Buktinya hingga kini tidak ada yang memiliki nomor NIK sama, hal ini karena 16 angka tersebut akan disesuaikan dengan setiap orang. Ini akan berdasarkan tempat tinggal dan tanggal lahir, sudah pasti tidak akan ada orang yang sama. Namun jika secara kebetulan dalam satu desa ada yang sama, maka digit terakhir akan menjadi pembedanya.

Anda tentu penasaran bukan, bagaimana cara membongkar rahasia 16 digit angka NIK E-KTP, jika sekarang belum punya Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang baru, bisa kok menebaknya hingga 12 digit, dimana empat digit terakhir adalah random akumulasi dari komputer untuk membedakan setiap orang. Pasalnya tidak mudah untuk membuat penomoran penduduk, dimana jumlah warga negara Indonesia mencapai puluhan juta dan selalu meningkat setiap harinya.

Cukup mudah untuk menebak NIK E-KTP yang Anda miliki, pertama dari dua digit paling depan. Ini akan menunjukkan provinsi daerah Anda tercatat sebagai warga, hal ini mengikuti aturan Permendagri No. 39 tahun 2015, dimana sudah mengatur kode untuk setiap penduduk di seluruh nusantara, berdasarkan tempat terdaftar.

Baca juga : Gerhana Bulan Berikan Manfaa Positif Untuk Kesehatan Kulit

Misalkan Anda memiliki nomor 31, maka berarti warga dari provinsi DKI Jakarta, setelah itu lihat lagi dua digit selanjutnya. Ini akan berisi kode sandi dari kota atau kabupaten tempat tinggal, dua digit selanjutnya merupakan kota kecamatan. Inilah sebabnya, dalam pembuatan E-KTP semua warga diharapkan untuk melapor dan membuatnya di kantor kecamatan setempat.

Ini yang lebih seru lagi, digit ke 7 masih dengan dua digit akan mewakili tanggal lahir. Uniknya perlakukan untuk laki-laki dan perempuan berbeda. Jika pria akan tetap mendapatkan digit 1 hingga 31, sedangkan wanita akan dicatat tanggal lahir dan ditambahkan 40. Misalkan laki-laki lahir tanggal 29, maka akan tertulis 29, sedangkan wanita jika terlahir tanggal dua, maka akan tertulis di E-KTP, 29 + 40 = 69.

Dua digit selanjutnya mewakili bulan lahir dan dua digit di belakangnya akan mewakili tahun lahir. Ini bukan menggunakan empat digit, hanya dua digit. Misalkan Anda lahir pada 1978 maka akan tertulis 78 saja. Sedangkan untuk empat digit terakhir merupakan nomor komputerasi, ini sifatnya random dan menjaga agar tidak ada penduduk yang memiliki NIK E-KTP sama.

Sudah melihat NIK E-KTP, coba lihat lebih lanjut dan pastikan jika informasi dalam bentuk kode sandi angka tersebut benar. Ini tentu akan membuat Anda mengalami kemudahan untuk mengenali orang lain, hanya dengan tahu berapa nomor NIK miliknya. Orang tidak akan menaruh curiga, apalagi jika Anda memiliki rasa ketertarikan.