Sunday, December 15Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

NET TV, IPO Dan Isu PHK Yang Tengah Ramai Dibicarakan

NET TV, IPO Dan Isu PHK Yang Tengah Ramai Dibicarakan

Stasiun televisi swasta Net TV akhirnya keluar dari daftar antrean calon emiten baru (pipeline) Bursa Efek Indonesia (BEI) 2019. Induk media tersebut, PT Net Visi Media, terakhir masuk dalam data pipeline per 24 Mei 2019.

Dikutip dari Okezone, Senin (12/8), berdasarkan data BEI, dalam daftar pipeline itu PT Net Visi Media menjadi salah satu dari 25 perusahaan yang berencana tercatat di pasar modal melalui skema penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO). Namun pada data pipeline per 8 Juli 2019, nama PT Net Visi Media sudah tidak ada lagi.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengakui bahwa NET TV yang dinaungi PT Net Visi Media tidak lagi termasuk dalam daftar antrean calon emiten baru (pipeline) BEI, per 8 Juli 2019. Terakhir perusahaan tersebut masuk dalam data pipeline per 24 Mei 2019.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna Setia. Meski demikian, dirinya enggan menyebut pasti apakah apakah perusahaan besutan Wishnutama tersebut hanya memundurkan jadwal untuk melakukan penawaran umum saham perdana (IPO) atau memang membatalkan rencana tersebut.

Sebelumnya mencuat rumor bahwa NET TV hendak mem-PHK massal karyawan, lantaran mereka merasa tak mampu bersaing di udara dengan stasiun televisi swasta lainnya. Di media sosial, kabar tak menyenangkan ini lumayan heboh dan bikin netizen (bukan sebutan penonton NET) menjadi prihatin.

Namun, netizen hanya bisa prihatin. Aslinya, mereka yang prihatin juga kayaknya enggak nonton NET di TV, deh. Setelah dikonfirmasi, ternyata pihak NET TV tidak berniat untuk melakukan pemutusan hubungan kerja secara paksa dengan para karyawan. Yang ada, NET TV meminta kepada karyawan untuk bantu meringankan beban perusahaan dengan cara mengundurkan diri secara sukarela.

Jadi, nantinya NET enggak perlu mem-PHK dan memberikan pesangon. Namun, katanya sih, NET bakalan kasih benefit yang menarik kepada karyawan yang resign. Enggak tahu deh, benefit-nya apaan. Mungkin berbentuk paklaring untuk bekal mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan?

Padahal, NET TV sebagai stasiun televisi termuda di Tanah Air sudah dikenal jempolan dengan deretan program yang berkualitas. Ditambah Wishnutama yang sudah membawa Trans TV menuju kejayaan pun sempat memegang kendali NET TV.