Wednesday, October 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Mulai Rubah Kebiasaan Buruk Minum Langsung Dari Tutup Botol

Saat kita merasa haus pasti akan segera minum, apalagi jika berada di luar rumah tentu mencari air minum kemasan dalam botol. Apakah Anda akan langsung menegaknya atau mencari gelas terlebih dahulu, ini kebiasaan buruk yang dinilai tidak masalah dan sudah dilakukan banyak orang.

Kini mayoritas orang memilih untuk langsung menegak air atau minum air langsung dari kemasan, apakah ini salah? Tentu saja tidak, karena ini botol kemasan Anda sendiri dan tidak berbagi dengan orang lain. Namun banyak orang melihat hal tersebut sebagai kebiasaan yang tidak baik, apalagi dilakukan oleh perempuan.

Pasalnya Rasulullah SAW selalu mengajarkan, untuk membiasakan melakukan kebiasaan baik dan meninggalkan kebiasaan buruk, sehingga Anda akan merasa segan dan enggan untuk berbuat hal yang salah dan merugikan bagi diri sendiri dan orang lain.

Bahkan untuk kebiasaan minum air dari botol secara langsung, terdapat hadish rasul yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, dimana Rasulullah SAW, melarang siapa pun minum langsung dari mulit siq’a atau qirbah.

Anda tentu tidak mengenal apa itu siq’a dan qirbah, ini merupakan tempat minum di zaman dahulu, hampir mirip seperti teko namun dari tanah liat. Sedangkan Qibah tempat minum yang di buar dari bahan kulit, keduanya tertutup dan ukurannya cukup besar.

Baca juga : http://www.ulasandunia.com/pengen-sahur-pakai-wedang-jahe-tetap-sehat-kok-saat-puasa/

Bayangnya jika Anda minum langsung dari mulut siq’a dan qirbah, padahal ini juga jadi sumber minum orang lain. Tentu akan merasa jijik, bahkan bisa juga dikhawatirkan, jika kebiasaan buruk dengan minum langsung dari mulut botol, akan ada serangga atau kotoran yang masuk dalam mulut.

Kenapa tidak baik bahkan tidak diperbolehkan minum langsung dari mulut botol, air bisa tumpah apalagi jika Anda minum dengan tergesa-gesa. Biasanya motor air zaman dahulu ukurannya cukup besar, sehingga bisa menyimpan air hingga 1 liter bahkan lebih, bayangkan saja jika minum secara langsung.

Air bisa tumpah dan mengotori pakaian, tentu saja hal ini tidak ingin terjadi. Selain itu, jika tumpah air akan mubazir dan tidak bisa digunakan kembali. Tidak ada salahnya menggunakan gelas yang lebih mudah diminum, bahkan hanya mengkonsumsi sesuai kebutuhan.

Hal lain yang membuat kebiasaan buruk minum langsung dari tutup botol harus dihindari, orang enggan untuk berbagi air ludah. Pasalnya ini dianggap jorok dan sarang penyakit, biasanya akan menimbulkan penyakit dengan penularan langsung dari ludah. Bagi wanita yang minum dari botol langsung, biasanya akan dijauhi laki-laki. Karena terlihat kasar, jelek dan tidak punya sopan santun.

Sudah ada banyak sekali bukan pertimbangan kenapa mulai sekarang sudah menghentikan kebiasaan buruk minum air langsung dari botol, sekalipun ini hanya air minum kemasan. Ada baiknya minum dengan menggunakan gelas, selain lebih sopan, minum jadi teratur dan menghindari tersedak saat air meluncur cukup deras masuk ke tenggorokan.

Related Post

Pelajaran Untuk Para Orangtua, Penggunakan Gadget ... Namanya adalah Zein Raffael, anak balita usia 3 tahun yang sehari-hari terlihat riang ini mendadak divonis kanker darah stadium 4. Kira-kira di seki...
Wanita Miliarder Ini Ternyata Tukang Sampah, Bagai... Selalu ada cara untuk meraih suatu hal untuk orang-orang yang mau berusaha. Seperti wanita asal new york city ini dimana ia melakukan hal ini untuk ...
Manfaat Bersyukur Bersyukur adalah wujud dari rasa terima kasih kita kepada Allah SWT atas apa yang telah kita terima dalam hidup dan kehidupan ini. Karenanya bersyuk...
Lantaran Tidak Memberikan Layanan Memuaskan, Seora... Merasa kesal karena tidak mendapatkan layanan yang memuaskan, seorang remaja berinisial D yang masih berusia 16 tahun, membunuh Ayu Sinar Agustin al...