Wednesday, October 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Mulai Atur Keuangan Agar Bebas Utang Setelah Lebaran

Pengaturan keuangan yang baik akan membuat hidup Anda bebas utang, hal ini sudah dibuktikan banyak orang. Kebanyakan memang melihat pinjaman sebagai penyemangat dalam kerja, namun bagaimana jika sudah menjadi beban dan jumlah utang semakin banyak. Anda tentu tidak lagi bersemangat kerja, karena semua hasilnya untuk membayar utang sebelumnya.

Jangan menerapkan sistem tambal sulam, dimana harus berutang di akhir bulan untuk menutup kehidupan sehari-hari. Jika memang pendapatan lebih kecil dari pengeluaran, kenapa tidak menata ulang pengeluaran sehari-hari, sehingga tidak perlu lagi berutang.

Menjelang lebaran, Anda akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dalam jumlah yang cukup besar, ini tentu akan sangat menyenangkan. Ada baiknya dibelanjakan dengan bijak, memang bersenang-senang dengan uang sendiri boleh, namun memikirkan masa depan lebih baik.

Bahkan jika Anda sudah mulai memikirkan bebas utang setelah lebaran, hal yang mudah dilakukan dan tidak akan membuat Anda merasa tertekan. Bahkan tidak ada banyak perbedaan dalam kehidupan sehari-hari, malahan mendapatkan sisa dalam pendapatan bulan yang bisa digunakan untuk tabungan.

3 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Bisa Bebas Utang Setelah Lebaran

  1. Kurangi Frekuensi Makan Di Luar
    Anda kini memang masih single dan tinggal sendiri, apalagi jauh dari orang tua. Pengeluaran yang paling besar sudah pasti gaya hidup, apalagi makan. Coba hitung lagi berapa banyak makan di luar dalam sebulan, ini akan jadi pengeluaran terbesar dan bisa dikurangi dengan cara makan di rumah atau membuat makanan sendiri.

    Kenapa tidak menerapkan belanja bulan, ini memang akan menghabiskan uang cukup banyak, namun bisa memenuhi kebutuhan dalam satu bulan. Apalagi untuk wanita, tidak ada salahnya belajar memasak, gunakan diri sendiri sebagai takaran apakah makanan sudah enak atau belum. Kenapa tidak membawa makanan untuk makan siang dan membuat makan malam sendiri, bahkan bisa berbagi dengan rekan kerja lainnya dan lebih efektif di jam istirahat.

    Baca juga : http://www.ulasandunia.com/jangan-banyak-gaya-kunci-hidup-bahagia-dan-kaya-raya/

  2. Hindari Mengikuti Trend
    Setiap harinya akan selalu ada hal baru, apalagi untuk trend fashion. Tidak ada salahnya tampil fashionable, namun lihat lagi berapa jumlah pendapatan yang Anda dapatkan. Jangan sampai besar pasak dari pada tiang, ini akan sangat mengganggu jika dilakukan setiap bulannya.

    Mulai biasakan untuk membuat daftar belanjaan, beli hal yang Anda butuhkan bukan inginkan. Ini akan membuat hidup Anda lebih baik dan tidak mudah terpengaruh pada orang lain, selain itu mulai hindari bahkan hentikan penggunaan kartu kredit yang sering kali kelewat batas limid.

  3. Dapatkan Uang Tambahan
    Anda tentu ingin sesekali memusakan keinginan untuk membeli barang mahal, liburan menyenangkan atau melakukan hobi lainnya. Sudah jelas, pendapatan tidak bisa digunakan untuk hal tersebut, kenapa tidak mencari cara lain yang lebih aman dan menguntungkan, misalnya memanfaatkan passion untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

    Kini sudah banyak pekerjaan freelance yang bisa digunakan sampingan dalam pekerjaan tetap, memang pendapatan tidak lebih besar dari gaji bulanan. Namun jika dilakukan setiap harinya, atau saat senggang bisa menghasilkan uang sendiri yang tidak tersentuh. Ini bisa digunakan untuk berlibur atau memuaskan hasrat belanja.

Semua orang sebenarnya tidak perlu berutang, karena sudah memiliki pendapatan masing-masing. Gaya hidup sebaiknya menyesuaikan pendapatan, sehingga tidak mengalami kesulitan di masa tua. Jika memang ada uang lebih, gunakan untuk investasi dan tabungan.

Related Post

Harga Ripple Merosot Tajam Gelombang curam sepertinya sedang melanda mata uang dunia maya Ripple (crypto currency) dari awal pekan ini sampai sekarang. Hal ini dinilai adalah pe...
Objek Wisata Dunia Dengan Durasi Antrean Masuk Ter... Objek wisata dunia memang jadi incaran saat liburan akhir tahun tiba, banyak wisatawan dari seluruh penjuru dunia sudah menjadikan incaran utama. Namu...
Merk Mobil Sejuta Umat Ini Jadi Nama Anak-anak Imu... Memiliki seorang buah hati dari pernikahan adalah salah satu kebahagiaan di dalam keluarga yang tidak bisa di gantikan oleh apapun. Dan hal itu tida...
Diet Udara, Cara Baru Turukan Berat Badan Yang Ane... Diet udara adalah cara baru untuk mengurangi berat badan dengan cepat, bahkan tanpa perlu membuat program apapun hanya perlu menghirup udara. Ini cara...

One Comment

Comments are closed.