Monday, December 10Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Mudah Lapar Dan Suka Camilan, Ini Penjelasan Ilmiahnya !

Mudah lapar di malam hari, tentu Anda akan mencari camilan untuk meredakan bunyi perut yang semakin menjadi. Hal ini Anda tahu tidak baik untuk kesehatan, bahkan bisa meningkatkan berat badan secara drastis, namun masih saja dilakukan karena tidak enak tidur dalam kondisi lapar. Sebenarnya ada hal kenapa Anda sering kali kelaparan di jam setelah makan.

Banyak orang kini membuat pola makan empat kali dalam sehari, ini tentu tidak menyehatkan, apalagi jika melewatkan makan di jam yang tepat. Tentu saja timbangan badan akan menunjukkan angka melejit tinggi, Anda akan terkejut dan depresi dengan kenaikan berat badan. Namun masih saja melakukan kebiasaan di malam hari yang memicu kenaikan berat badan dengan cepat.

Penelitian yang dilakukan oleh The European Journal of Clinical Nutrion, menyebutkan jika ada hubungan erat andatar makan berlebihan dan kurang tidur. Ini yang menjadi penyebab utama Anda mengalami kenaikan berat badan dan mudah lapar setelah jam makan. Pasalnya orang yang tidak memiliki kualitas tidur yang baik, seperti mengalami masalah tidur. Cenderung akan mengkonsumsi camilan hingga 385 kalori setiap harinya.

Jika ini hanya dilakukan satu dua kali dalam sebulan maka tidak akan jadi masalah, namun bagaimana jika dorongan untuk makan camilan datang setiap harinya. Apalagi di malam hari dan pilihan utama pasti makanan manis yang ada di lemari pendingin, bukan hanya itu saja camilan yang enak itu cenderung makanan yang buruk.

Mulai dari makanan berlemak, makanan yang di goreng dengan minyak sangat banyak. Makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi yang sulit dicerna oleh tubuh, bahkan banyak makanan pengawet lainnya yang cenderung enak di lidah. Hal ini berpengaruh pada pemilihan makanan, orang yang susah tidur tidak suka konsumsi buah dan sayur.

Baca juga : Kebiasaan Telat Makan Malam Dapat Memicu Risiko Kanker

Bahkan lebih suka makanan instan, junk food dan memiliki rasa yang sangat menyengat. Ini tentu membuat tubuh tidak sehat, apalagi cenderung malas untuk berolahraga, sehingga timbunan lemak akan semakin mengganjal di seluruh tubuh.

Bagaimana solusinya untuk mengatasi masalah mudah lapar dan memilih camilan, Anda tidak perlu membuat diri membatasi camilan namun perbaiki waktu tidur dan dapatkan istirahat di malam hari yang lebih berkualitas. Ini akan membuat nafsu makan semakin baik, nantinya Anda akan makan di jam yang sesuai.

Jika mengalami masalah tidur, pastikan Anda tidak melakukan aktivitas lagi setelah di atas tempat tidur. Singkirkan gadget, mainan dan makanan. Ini akan membuat Anda mengantuk karena tidak melakukan aktivitas lainnya. Selain itu, pastikan tidak memiliki persediaan camilan di rumah, karena jika ada tentu Anda akan mengambilnya dan makan kembali.

Alihkan perhatian Anda pada sesuatu yang sehat, misalkan berolahraga, membersihkan rumah atau ganti camilan sehat. Ini akan mengatasi masalah mudah lapar dan sering konsumsi camilan berlebihan. Selain akan menjaga bentuk tubuh dan berat badan, ini bagus untuk kesehatan karena hanya konsumsi makanan sehat di waktu yang tepat.

Related Post

Manfaat Bersyukur Bersyukur adalah wujud dari rasa terima kasih kita kepada Allah SWT atas apa yang telah kita terima dalam hidup dan kehidupan ini. Karenanya bersyuk...
Belajar Bahasa Inggris, Kapan Waktu Tepat Anak Mem... Belajar bahasa Inggris sejak usia dini memang sangat menguntungkan, apalagi anak-anak memiliki daya tangkap yang sangat cepat dan hebat. Masa belajar ...
Bayam Untuk Kecantikan, Temukan Banyak Kebaikan Di... Bayam adalah sayuran hijau yang banyak mengandung zat besi, sangat bagus di konsumsi anak-anak, maka dari itu di zaman dahulu ada kartun popeye. Diman...
Hari Cokelat, Pastikan Anda Merasakan Manisnya Dal... Hari cokelat jadi saatnya menyantap semua dessert rasa manis tanpa harus merasa bersalah, pasalnya hari ini, 7 Juli merupakan cokelat day, sehingga ti...