Monday, November 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Mitos dan Fakta Tentang Pil Kontrasepsi Darurat Yang Perlu Diketahui Para Wanita

Bagaimana anda menangani hubungan seks yang dilakukan tanpa menggunakan kondom ? Apakah dengan mengkonsumsi pil kontrasepsi darurat (kondar) ? Anda perlu mendapatkan info dan fakta yang jelas terkait pil kontrasepsi darurat sebelum mengkonsumsi dan menggunakannya sebagai metode kontrasepsi sehari-hari. Pakar gineakologi terkenal yang bernama Dr Sutopa Mukherjee mengungkapkan beberapa mitos umum terkait pil kontrasepsi darurat (kondar) yang akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Merasa Sakit Selama Beberapa Hari Setelah Mengkonsumsi Pil Kontrasepsi Darurat

    Anda mungkin mengalami sakit kepala atau mual setelah memakan pil kontrasepsi darurat, tapi efek ini biasanya akan menghilang dalam sehari. Satu-satunya efek samping lain yang mungkin anda dapatkan adalah masa haid anda bisa menjadi lebih pendek atau lebih panjang pada bulan itu.

  2. Pil Kontrasepsi Darurat Hanya Efektif Jika Langsung Dikonsumsi Secepatnya


    Anda mungkin berpikir bahwa keadaan sudah terlambat jika tidak mengkonsumsi pil kontrasepsi dalam waktu dua hari. Penelitian terbaru menemukan bahwa pil ini tetap efektif dalam kurun waktu hingga empat hari setelah melakukan hubungan seks meskipun anda seharusnya segera memakannya setelah anda melakukan hubungan seks tanpa menggunakan kondom. Jadi jangan berpikir bahwa keadaan sudah terlambat jika anda tidak bisa langsung mengkonsumsi pil kontrasepsi.

  3. Pil Kontrasepsi Darurat Dapat Menghentikan Kehamilan


    Kesalahpahaman besar lain tentang pil kontrasepsi darurat adalah pil ini dapat digunakan untuk menghentikan kehamilan. Fakta yang benar adalah pil kontrasepsi darurat dapat menunda atau menghambat ovulasi yang terjadi sehingga jika sel telur telah keluar dari indung telur (ovarium) sebelum anda sempat mengkonsumsi pil kontrasepsi darurat maka ada kemungkinan anda bisa hamil.

  4. Hanya Mengkonsumsi Pil Kontrasepsi Darurat Jika Tidak Menggunakan Kondom


    Saat yang tepat untuk menggunakan pil kontrasepsi darurat adalah jika anda lupa untuk mengkonsumsi pil KB selama beberapa hari. Tidak apa-apa jika anda lupa mengkonsumsi satu pil KB saja, tetapi jika anda telah melewatkan beberapa pil berturut-turut dan melakukan hubungan seks tanpa kondom maka kemungkinan besar anda bisa hamil.

  5. Pil Kontrasepsi Darurat Kurang Efektif pada Wanita yang Kelebihan Berat Badan


    Anda mungkin pernah mendengar bahwa obat ini kurang efektif pada wanita yang kelebihan berat badan, tapi hal ini tidak benar. Pil kontrasepsi darurat tidak ada hubungannya dengan berat badan anda. Pil ini tetap bekerja jika anda mengkonsumsinya dalam waktu 3-4 hari.

  6. Pil Kontrasepsi Darurat Memiliki Efek Samping yang Berbahaya


    Pil kontrasepsi darurat mengandung levonorgestrel sebagai bahan utama yang sama dengan progestin yang dapat ditemukan pada alat kontrasepsi yang lain seperti IUD sehingga aman dan tidak memiliki efek samping.

  7. Pil Kontrasepsi Darurat Sebagai Metode Kontrasepsi yang Digunakan Sehari-hari


    Pil kontrasepsi darurat tidak dapat diandalkan sebagai alat kontrasepsi yang rutin digunakan karena tidak seefektif metode kontrasepsi lainnya. Selain itu harga pil kontrasepsi darurat lumayan mahal sehingga paling baik digunakan sebagai alat kontrasepsi di saat darurat saja.

Related Post

Blus Putih Bisa Bikin Tambah Cantik Di Kantor, Ini... Blus putih memang pakaian yang paling aman untuk digunakan pada acara formal, apalagi jika untuk bekerja di kantor setiap harinya. Ini akan membuat An...
Jakun Bukan Hanya Hiasan, Ternyata Bermanfaat Untu... Jakun tentu saja hanya dimiliki laki-laki, letaknya di tenggorokan. Dimana tidak akan selalu terlihat, biasanya hanya saat laki-laki terdiam atau seda...
Always Happy, Tanam 7 Bunga Ini Di Rumah Always happy, inilah yang menjadi mantera ajaib yang harus anda ucapkan setiap harinya. Tentu saja, setiap orang akan bosan dengan rutinitas yang sama...
Presiden OCA Lakukan Aksi Nyentrik Ini Saat Closin... Nampaknya pagelaran Asian Games pada tahun ini benar-benar memunculkan banyak hal unik. Dan Indonesia sebagai tuan rumah tentunya benar-benar merasa...

Leave a Reply